News

USK ingatkan siswa jangan asal pilih prodi

USK ingatkan siswa jangan asal pilih prodi
Sosialisasi SNPMB 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Kamis (2/2/2023). Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) mengingatkan kepada para siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri untuk memilih program studi (prodi) sesuai keinginan atau minatnya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik USK, Prof Agussabti, saat menjadi pemateri dalam kegiatan Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Kamis (2/2/2023).

Agussabti menilai, hal ini penting untuk disampaikan karena pada saat perkuliahan nanti yang menjalaninya adalah siswa yang bersangkutan. Oleh karena itu, jika sejak dari awal siswa tersebut memilih prodi bukan sesuai keinginannya atau hanya ikut-ikut teman, maka dirinya akan sulit atau merasa terbebani mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan.

“Jadi ini penting untuk diperhatikan, pilihlah prodi yang benar-benar kalian minati. Atau paling tidak, kalian ada rasa tertarik dengan prodi tersebut,” ucap Agussabti.

Terkait hal ini, Agussabti juga mengingatkan kepada orang tua untuk tidak terlalu memaksakan kehendaknya terhadap anak. Sekalipun orang tua ingin anaknya masuk ke prodi tertentu, maka penting sekali untuk mendiskusikannya terlebih dahulu kepada anak.

“Kita paham, orang tua kan kadang ingin anaknya menjadi seperti apa. Tapi kita juga harus memahami kehendak atau kemampuan anak. Di sinilah pentingnya komunikasi,” ucapnya.

Sementara itu Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini mengatakan, secara umum proses seleksi penerimaan mahasiswa baru masih mirip dengan lima tahun terakhir. Hanya saja, yang berbeda tahun ini adalah penyelenggaranya yaitu Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3).

“Maka kami harapkan kesempatan sosialisasi ini dimanfaatkan dengan baik. Agar informasi yang diperoleh jelas dan membantu anak-anak kita untuk kuliah,” ucap Rektor.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara daring dan luring. Para pesertanya adalah siswa, guru, operator serta kepala sekolah seluruh Aceh. Untuk kegiatan daring ada 135 partisipan yang hadir, bahkan beberapa sekolah melakukan nonton bersama via zoom kegiatan ini. Sementara peserta yang hadir secara luring sekitar 300 peserta.

Untuk diketahui jalur penerimaan mahasiswa baru terdiri atas tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) yang menggantikan SNMPTN, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang menggantikan SBMPTN, serta Jalur Mandiri.

Di mana saat ini, jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sedang berlangsung adalah SNBP. Untuk jalur ini, USK membuka kuota 25% dari seluruh total penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Lalu dua jalur lainnya yaitu SNBT sebesar 40% dan Mandiri sebesar 35%.

Adapun jalur SNBP ini dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Di mana peserta SNBP adalah para siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023. Untuk mengikuti tahapan seleksi ini, peserta SNBP juga tidak kenai biaya untuk keikutsertaannya dalam SNBP.

Informasi resmi tentang SNBP dan UTBK-SNBT 2023 dapat dilihat pada laman http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, serta laman resmi USK. Atau dapat juga menghubungi Halo Humas USK pada nomor 08116752000.

Shares: