News

USK luluskan 1.608 wisudawan

USK luluskan 1.608 wisudawan
Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan melantik para wisudawan ke 156 di gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Rabu (8/2/2023). Foto: Humas USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Sidang Terbuka meluluskan sebanyak 1.608 wisudawan dari program Pascasarjana, Spesialis, Pendidikan Profesi, Sarjana, dan Diploma untuk periode November 2022–Januari 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Kamis (8/2/2023).

Prosesi wisuda yang ke 156 ini berlangsung dalam dua hari. Di mana 796 lulusan diwisuda hari ini, lalu 812 lulusan lainnya akan diwisuda besok, Kamis, 9 Februari 2023.

Adapun dari keseluruhan wisudawan tersebut, 239 orang di antaranya berhasil lulus dengan predikat pujian atau cumlaude. Dengan demikian, maka alumni USK hingga saat ini telah menjadi 148.918 orang.

Rektor dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan mereka atas pencapaiannya hari ini. Rektor berpesan, agar para wisudawan untuk tidak berhenti belajar atau terus meningkatkan kompetensinya.

Mengingat saat ini tantangan dunia kerja semakin kompetitif, serta menuntut setiap orang harus siap beradaptasi dengan berbagai perubahan yang ada.

“Maka kami berpesan, jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah saudara miliki sekarang, tapi teruslah tingkatkan kompetensi dengan mempelajari hal-hal baru lainnya,” ucap Rektor.

Pada kesempatan ini, Rektor mengungkapkan, saat ini USK sedang berada pada masa-masa transisi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH). Di masa transisi tersebut, USK berupaya menyiapkan beberapa hal agar status PTN BH USK ini dapat berjalan secara optimal.

Upaya tersebut di antaranya adalah, membentuk tiga organ pimpinan yaitu Rektor, Senat Akademik Universitas dan Majelis Wali Amanat. Serta menyiapkan sejumlah Peraturan Rektor yang merupakan perangkat hukum bagi USK dalam menjalankan statusnya sebagai kampus PTN BH.

Rektor meyakini, peningkatan status USK dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) sebelumnya, menjadi PTN BH adalah upaya yang tepat untuk mempercepat upaya perguruan tinggi ini dalam mewujudkan visi dan misinya. Setidaknya hal ini terlihat dari beberapa lembaga pemeringkatan dunia yang menempatkan USK pada posisi yang mengesankan.

“Oleh sebab itu, kami mohon doa dan dukungannya, agar USK mampu menjalankan status PTN BH ini dengan baik sehingga dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan dan daya saing bangsa,” ucap Rektor.

Shares: