News

Ustaz Hanan Attaki bicara tentang “Another Level of Pain” di Masjid Oman

Ustaz Hanan Attaki bicara tentang "Another Level of Pain" di Masjid Oman
Ustaz Hanan Attaki bicara tentang "Another Level of Pain" di Masjid Oman. Foto: Shaivan

POPULARITAS.COM – Remaja Masjid Oman Al-Makmur Gampong Bandar Baru Banda Aceh, bekerjasama dengan Komunitas Remaja Akrab.in, menggelar Tabligh Akbar dengan menghadirkan da’i nasional terkenal, Ustaz Hanan Attaki dari Bandung, pada Jumat (23/2/2024) malam.

Tabligh Akbar yang berlangsung setelah salat Isya ini mengambil tema “Another Level of Pain” sebagai bagian dari kegiatan Tarhib Ramadhan di Masjid Oman Al-Makmur Gampong Bandar Baru, Lampriet. Ustaz Hanan, putra asli Aceh, telah kedua kalinya mengisi tabligh akbar di masjid ini.

Seperti biasa, tabligh akbar kali ini juga dipadati oleh kaum muda, dengan dominasi kaum hawa. Para jemaah muda sudah mulai memadati masjid sejak beberapa saat setelah salat Asar.

Ustaz Hanan didampingi sahabat karibnya sendiri sebagai moderator, yang juga merupakan da’i nasional Aceh lainnya, Ustaz Amri Fatmi. Dalam ceramahnya, Ustaz Hanan menyapa jemaah muda dengan menggunakan bahasa Aceh yang masih sangat natural baginya. Beliau kemudian menjelaskan sedikit tentang judul yang telah dipilih oleh Ustaz Fahmi.

“Another level of pain. Nyo yang jok judul koen lon beh, tapi Ustaz Amri. Menurut terawangan Ustaz Amri, aneuk-aneuk Aceh sebagian tengeh memendam rasa yang sangat pahit,” ungkapnya.

Melalui pernyataan awal ini, banyak jemaah yang terpikat dengan kata-kata sosok itu. “Intinya, Another Level of Pain adalah, bagaimana kita bisa berdamai dengan rasa sakit,” tambah dia.

Hanan menjelaskan bahwa makna sebenarnya dari “Another Level of Pain” bukanlah rasa sakit atas segala kejadian yang menimpa, melainkan rasa sakit yang seharusnya muncul ketika kita menyalahkan Allah atas kejadian yang tidak kita sukai, menolak sebuah kenyataan, dan sebagainya.

Setelah sesi materi, Hanan memberikan kesempatan kepada para jemaah muda untuk bertanya dan curhat mengenai permasalahan mereka. Beberapa penanya berasal dari Medan, Sulawesi, yang sedang berada di Aceh karena studi atau bekerja, serta beberapa dari Banda Aceh sendiri.

Tabligh Akbar ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustaz Hanan Attaki.

Ketua Remaja Masjid Oman, Mardani, menyatakan kekagumannya terhadap antusiasme para muda-mudi yang memadati Masjid Oman untuk mendengarkan kajian Ustaz Hanan Attaki.

“Kehadiran jemaah malam ini sungguh di luar ekspektasi kami sebagai bagian dari panitia ini. Namun Alhamdulillah acara berlangsung dengan sukses walaupun ada beberapa kekurangan dalam pelayanan. Saya, mewakili panitia, mengucapkan banyak permohonan maaf,” ungkapnya.

Shares: