EdukasiNews

Wahyu Lestari Doktor pertama lulusan FK USK

Wahyu Lestari Doktor pertama lulusan FK USK
Dr dr Wahyu Lestari, Sp.KK menjadi lulusan doktor pertama Prodi S3 di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh usai memaparkan disertasinya di depan sidang penguji, Selasa (22/8/2023). FOTO : Humas USK

POPULARITAS.COM – Wahyu Lestari menjadi doktor lulusan pertama yang selesaikan studi S3 nya di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) Banda Aceh.

Dokter spesialis kulit itu, berhasil pertahankan disertasi yang berjudu “Pengaruh Ekstrak Topikal Cascara Pulp Kopi Arabi Gayo sebagai anti-oksidan dalam Photaging”, dihadapan para pengujinya.

Adapun promotor utama adalah Prof. Dr. Kartini Hasballah MS Apt, Prof Dr dr. M Yulianto Listiawan Sp.KK(K). FINSDV, FASDV dari FK Unair sebagai co promotor 1, Dr Sofia, MSc sebagai co promotor 2, penguji sidang terbuka Prof Dr dr Oki Suwarsa Sp.KK (K) dari FK Unpad, Dr dr Nanda Earlia Sp.KK, dan Dr. Gholib S.Pt, M.Si.

Menyambut capaian itu, Rektor USK Prof Marwan mengucapkan selamat kepada jajaran civitas akademika FK USK yang telah berhasil meluluskan mahasiswa program studi doktoral.

Ia juga mengharapkan, hasil penelitian Wahyu Lestari dapat dipatenkan dan sekaligus di terapkan jadi produk inovasi yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dekan FK USK, Prof Dr. dr Maimun Syukri Sp,PD, KGH Finasim mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh dr Wahyu Lestari, yang secara komprehensif, disertasinya berdampak dari hulu ke hilir pada pergerakan ekonomi, khususnya bagi para petani kopi.

“Ini juga akan menjadi inovasi baru yang bisa dikembangkan terus di Aceh, Indonesia, hingga ke tingkat global dalam konteks industrial,” katanya.

Ia menyebutkan saat ini FK USK memiliki 22 program studi, salah satunya adalah program studi S3 yang dimulai sejak 2019.

Editor : Hendro Saky

Shares: