News

Wajah baru Asrama Haji Aceh dengan sarana manasik

Wajah baru Asrama Haji Aceh dengan sarana manasik
Warga mengunjungi Asrama Haji Aceh yang saat ini telah memiliki sarana manasik, Jumat (5/5/2023) sore. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Aceh tampil dengan wajah baru saat menyambut kedatangan 4.393 jemaah calon haji Aceh pada musim haji tahun ini.

Salah satu pembenahan dan pengembangan yang dilakukan adalah pembangunan sarana manasik haji. Fasilitas berupa ka’bah, tempat sa’i, safa marwah, dan tempat melontar jamrah ini berada di kompleks asrama tersebut.

“Alhamdulillah sekarang Asrama Haji Aceh miliki tempat manasik haji untuk praktik jemaah baik haji maupun umrah, kemudian juga anak-anak mulai TK sampai perguruan tinggi insya Allah kita siapkan walaupun sederhana,” kata Kepala UPT Asrama Haji Aceh, Ali Amran Abbas, Sabtu (6/5/2023).

Fasilitas tersebut, kata Ali, mulai dibangun pada tahun 2022 dan sudah mulai digunakan pada awal 2023 lalu. Sarana ini termasuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), di mana untuk anak-anak dikenakan tarif Rp 5 ribu dan dewasa Rp 10 ribu.

“Karena ini PNBP sudah ada PP-nya dari Presiden dan dari Kementerian Keuangan sudah diatur melalui undang-undang. Jadi, siapa saja dibolehkan untuk menggunakan fasilitas di sini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ali juga menyampaikan bahwa Asrama Haji Aceh siap menyambut tamu Allah pada musim haji kali ini. Sampai saat ini berbagai persiapan telah dirampungkan.

Diketahui, musim haji kali ini mengangkat slogan Haji Ramah Lansia. Karena itu, tambah Ali, sejumlah persiapan pun dilakukan, salah satunya dengan menguatkan petugas layanan jemaah lanjut usia (lansia).

“Jadi musim haji kali ini lebih 43 persen jemaah lansia, mereka kita prioritaskan dengan mobil golf walaupun satu unit, demikian juga penyiapan kursi roda dan fasilitas lainnya,” pungkasnya.

Shares: