NewsPolitik

Wapres Ma’ruf Amin gantikan Jokowi hadiri HUT PDI Perjuangan ke-51

Wapres Ma’ruf Amin gantikan Jokowi hadiri HUT PDI Perjuangan ke-51
Wapres RI, Ma'ruf Amin. (Detik.com)

POPULARITAS.COM – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, dijadwalkan akan menghadiri peringatan HUT PDI Perjuangan ke-51. Kegiatan tersebut sendiri, dilangsungkan di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, (10/1/2024).

Kepastian kehadiran Ma’ruf Amin tersebut, disampaikan oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

“Iya, nanti Pak Ma’ruf Amin yang hadir,” ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo sendiri, urung hadir pada acara HUT partai yang mengusungnya sebagai Capres pada Pemilu 2014 dan 2019 lalu.

Kurun waktu sembilan tahun terakhir, sebagai kader PDI Perjuangan, Jokowi jaranga absen hadiri peringatan HUT partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Sementara, pada November 2023 lalu, Presiden RI menyempatkan diri hadiri HUT ke-59 Partai Golkar di Jakarta International Expo.

Hasto melanjutkan, peringatan HUT PDI Perjuangan ke-51, mengusung tema semangat ‘Satyam Eva Jayante’ yang bermakna kebenaran pasti menang. Direncanakan Ketua Umum Megawati Sukarno Putri akan pimpin acara itu secara hibrida.

Ditambahkannya lebih lanjut, pada peringatan HUT PDI Perjuangan ke-51 yang dilangsungkan secara hibrid tersebut, akan diikuti sebanyak 1,2 juta struktur pengurus partai, 128 anggota DPR RI, 418 anggota DPRD provinsi, 2.874 anggota DPRD kabupaten/kota dan 131 kepala daerah dan 124 wakil kepala daerah, serta 32 ribu caleg.

Hasto menjelaskan pembukaan acara HUT dimulai pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan syukuran di tingkat RT dan RW di daerah secara serentak pukul 16.00 WIB. Kegiatan dengan akar rumput itu, kata Hasto, untuk menjaga persatuan dengan rakyat sebagai kekuatan inti partai.

Selain itu, seluruh rangkaian HUT ke-51 PDI Perjuangan mengutamakan semangat Satyam Eva Jayate, yakni kebenaran pasti menang. Hasti mengatakan semangat itu penting dalam upaya memenangkan PDI Perjuangan dan pasangan calon nomor urut 2 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pemilu 2024.

“Kegiatan merawat pertiwi dengan penghijauan, gelora kebudayaan nusantara, dan konsolidasi di akar rumput akan menjadi ciri utama rangkaian HUT partai,” ujar Hasto.

Shares: