EkonomiNews

Warga miskin di Aceh Besar dapat bantuan langsung Rp1,8 juta pertahun

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar meluncurkan Program Aceh Besar Sejahtera(Pro Abes) guna menurunkan angka kemiskinan di kabupaten setempat.
Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyerahkan secara simbolis bantuan kepada perwakilan masyarakat pada Launching Program Pro-Abes di Aula Kantor LPMP Aceh, Niron, Kecamatan Sukamakmur, Rabu (15/8) (Antara Aceh)

BANDA ACEH (popularitas.com) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar meluncurkan Program Aceh Besar Sejahtera(Pro Abes) guna menurunkan angka kemiskinan di kabupaten setempat.

Pro Abes dengan memberikan bantuan langsung Rp1,8 juta per tahun kepada setiap keluarga miskin tersebut diluncurkan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, di Gampong Niron, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Aceh Besar, Rabu.

Ia menjelaskan program Pro-Abes yang diluncurkan tersebut bertujuan mensinergikan penanggulangan kemiskinan lintas sektor di Kabupaten Aceh Besar dan terintegrasi baik dengan program PKH nasional.

“Progran ini harus jelas di mana masyarakat miskin diverifikasi faktualnya “by name by address” yakni siapa namanya, tinggal dimana, bagaimana kondisi ekonominya, apa pekerjaannya,” kata Mawardi.

Ia menjelaskan dana program Pro Abes tersebut dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Aceh Besar dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 5.000 kepala keluarga yang telah melalui proses verifikasi faktual.

Menurut Mawardi, angka kemiskinan di Aceh Besar ada sekitar 14,45 persen atau 39.000 KK dan pihaknya menargetkan pada 2022 angka tersebut harus turun minimal hingga 10 persen atau sekitar 25.015 KK.

“Saya berharap semua pihak agar dapat mengawasi program Pro Abes sehingga tepat sasaran dan terlaksana dengan baik. Kehadiran program ini nantinya akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan upaya menurunkan angka kemiskinan? dapat tercapai,” ujarnya.

Ia mengemukakan, untuk menyalurkan program Pro-Abes ini, Pemerintah Aceh Besar menggandeng Bank BRI sebagai penyalur, di mana setiap penerima manfaat Pro-Abes ini akan menerima buku tabungan dan kartu ATM dengan nama “Tabunganku”.

Pimpinan Cabang BRI Banda Aceh, Ali Akbar menyambut baik langkah Bupati Aceh Besar dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di daerahnya yakni dengan meluncurkan program Pro Abes tersebut.

Pihaknya menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Pemerintah Aceh Besar terhadap bank tersebut dan bagi penerima manfaat dapat mengakses seluruh unit BRI yang tersebar di seluruh kecamatan dan agen brilink yang tersebar di gampong/desa yang ada dalam kabupaten ACeh Besar.

Koordinator bidang Humas dan SDM Pro-Abes Teddy Helvan mengatakan program tersebut merupakan salah satu penjabaran visi dan misi Pemkab Aceh Besar periode 2017-2022 di bawah pimpinan Bupati? Mawardi Ali bersama Wakil Bupati Tgk H Husaini A Wahab, dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di Aceh Besar yang saat ini masih sangat tinggi. (aceh.antaranews.com)

Shares: