News

Warga Pidie di Ukraina dievakuasi ke Romania

Arif Fazila (28) warga Aceh yang berasal dari Beureunuen Kabupaten Pidie sedang berada di Ukraina guna menempuh pendidikan spesialis dokter penyakit dalam.
Keluarga Arif Fazila memperlihatkan fotonya yang tersimpan di kampung kelahirannya di Rambong Kecamatan Mutiara Timur, Pidie. (HO)

POPULARITAS.COM – Arif Fazila (28) warga Aceh yang berasal dari Beureunuen Kabupaten Pidie sedang berada di Ukraina guna menempuh pendidikan spesialis dokter penyakit dalam.

“Alhamdulillah Arif Fazila dalam keadaan baik dan berhasil dievakuasi ke Romania dari Ukraina,” kata Razali, ayah kandung Arif Fazila, dikutip dari Antara, Sabtu (5/3/2022).

Razali menjelaskan ketika Arif dalam perjalanan dievakuasi dari Ukraina menuju Romania, sangat  berbahaya karena sedang terjadi peperangan antara Ukraina dengan Rusia.

“Perjalanan menuju Romania dimulai dari Kyiv masuk ke Moldova melalui jalur darat sekitaran 20 jam perjalanan,” katanya.

Ia mengatakan mereka sudah sampai dengan selamat ke Romania sekitaran empat hari lalu, kini Arif beserta 13 rekan lainnya harus menjalani karantina di Romania selama seminggu karena positif COVID-19 saat di KBRI Kyiv.

Awalnya Arif berserta rekannya direncanakan dievakuasi ke Polandia, namun karena keadaan dan perjalanan ke Polandia lebih berbahaya maka pihak KBRI memutar haluan via Moldova ke Romania yang kini ditempatinya.

Ia mengatakan putranya selalu memberi kabar setiap jam pada dirinya dan sangat bersyukur putranya telah di tangani oleh pihak KBRI dengan sangat baik.

Ia berharap Arif pulang ke Malaysia, meskipun pemerintah akan menanggung sampai kampung asalnya yaitu di Desa Rambong Meunasah Cot, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie.

“Saya meminta Arif pulang ke Malaysia karena keluarga berada di Malaysia,” katanya.

Kini keluarga Arif menetap di Malaysia di Gampong Taman Medan sedang menjalani usaha buahan-buahan.

Shares: