News

Wasapadai Covid, Kadisdik Aceh Harap Pihak Sekolah Tidak Lengah

Kadisdik: Aceh Sejak Awal Sudah Siap Belajar Tatap Muka
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh menyerahkan 98.369 lembar masker kain dan 16.426 masker medis untuk para siswa dan guru di seluruh satuan pendidikan di Aceh Timur. Masker ini akan disebar ke seluruh lembaga pendidikan di bawah Dinas Pendidikan Aceh, Kanwil Kemenag Kabupaten Aceh Timur dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur.

“Ancaman penyebaran Virus Corona atau COVID-19 sampai sekarang masih ada di sekitar kita. Meski secara medis penanganan infeksi Covid-19 di Aceh sudah berjalan cukup baik, namun kita tidak boleh lengah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh Rachmat Fitri, dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 Desember 2020.

Penyerahan masker tersebut dalam rangka mensukseskan kegiatan Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) Pemerintah Aceh yang diselenggarakan serentak di 23 kabupaten/kota se Aceh. Khusus untuk Kabupaten Aceh Timur sasaran Program GEMAS sesuai dengan data Dapodik dan Emis, adalah sebanyak 518 sekolah, 93.263 siswa, 3.086 rombel, dan 8.213 guru, yang terdiri dari, kewenangan kabupaten/kota terdapat 370 Sekolah yang terdiri dari 289 SD, dan 81 SMP.

Kemudian kewenangan Kemenag ada 98 Madrasah, yang terdiri 49 MI, 30 MTs, dan 19 MA. Sementara kewenangan Pemerintah Aceh ada 50 sekolah, yang terdiri 31 SMA, 17 SMK, dan 2 SLB.

Semuanya, kata Rachmat, membutuhkan logistik yang pada kesempatan itu diserahkan berupa, masker kain 98.369 lembar untuk seluruh siswa dan wali kelas, masker medis 16.426 lembar untuk guru, dan brosur 106.225 lembar untuk siswa dan guru, serta spanduk 518 lembar untuk setiap sekolah satu lembar.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri, memimpin rombongan saat menyerahkan masker kain dan medis untuk Kabupaten Aceh Timur yang diterima oleh Bupati Aceh Timur diwakili Asisten 2 Sekdakab Aceh Timur, Muhammad di halaman Kantor Dinas Syariat Islam Aceh Timur, Selasa lalu.

Shares: