NewsTeknologi

WhatsApp Mulai Gulirkan Aturan Privasi Baru untuk Pengguna

WhatsApp Nantinya Bisa Aktif di Dua Perangkat
Logo WhatsApp (whatsApp)

POPULARITAS.COM – Sekitar sebulan yang lalu, WhatsApp dilaporkan akan mengenalkan ketentuan dan kebijakan privasi baru untuk pengguna. Kini WhatsApp telah meminta beberapa pengguna Android untuk menyetujui kebijakan baru tersebut.

Pembaruan ini ditemukan oleh situs WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.1.1 yang merupakan update pertama WhatsApp di tahun 2021.

Dalam screenshot yang diunggah WABetaInfo, perubahan utama dalam kebijakan baru ini mencakup:

– Layanan WhatsApp dan bagaimana mereka memproses data pengguna.

– Bagaimana bisnis bisa menggunakan layanan yang dihost Facebook untuk menyimpan dan mengelola percakapan di WhatsApp.

– Bagaimana WhatsApp bermitra dengan Facebook untuk menawarkan integrasi antara Facebook Company Products.

WABetaInfo mengatakan kebijakan privasi ini akan digulirkan untuk semua pengguna mulai 8 Februari 2021. Setelah tanggal tersebut pengguna harus menyetujui kebijakan baru ini agar tetap bisa menggunakan WhatsApp, dan jika tidak mereka bisa menghapus akunnya, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (5/1/2021).

Setelah menyetujui kebijakan baru tersebut, pengguna tidak akan mengalami perbedaan saat menggunakan WhatsApp. Semua chat, pesan, panggilan dan update status masih akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end.

Selain aturan privasi baru, WhatsApp juga menawarkan pengguna WhatsApp Web Beta untuk pengguna yang ingin menjajal fitur dukungan multi perangkat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses akun WhatsApp-nya di berbagai perangkat secara bersamaan, tanpa membutuhkan jaringan internet di perangkat utama.

Pengguna bisa mengecek pengaturan WhatsApp Web/Desktop yang ada di aplikasi WhatsApp untuk Android untuk melihat jika fitur WhatsApp Web Beta sudah tersedia. Dalam pengaturan tersebut akan ada opsi baru untuk bergabung dalam uji coba beta.

Dalam penjelasannya, layanan milik Facebook ini mengatakan pengguna yang mengikuti uji coa WhatsApp Web Beta bisa menggunakan WhatsApp di web, desktop dan Portal meski ponsel utamanya tidak terhubung dengan internet. Akun WhatsApp pengguna bisa dihubungkan ke empat perangkat sekaligus.

Karena masih dalam tahap pengembangan, beberapa fitur masih belum tersedia dan baru akan diluncurkan pada build selanjutnya. Beberapa di antaranya mengarsipkan, menghapus dan mendiamkan pesan dari perangkat kedua.

Sayangnya WABetaInfo mengatakan mereka belum mendapatkan jadwal peluncuran fitur dukungan multi perangkat ini. Tapi jika WhatsApp sudah menawarkannya uji coba beta secara publik, bukan tidak mungkin fitur ini akan tersedia dalam waktu dekat.

Sumber: detik

Shares: