News

YKMI dan UNHCR latih pengungsi Rohingya di Pidie

YKMI dan UNHCR latih pengungsi Rohingya di Pidie
Perwakilan YKMI dan UNHCR saat memberikan pelatihan bagi para pengungsi Rohingya dan warga setempat di MIna Raya, Padang TIji, Pidie, Rabu (18/10/2023). FOTO : YKMI

POPULARITAS.COM – Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI), atas dukungan lembaga PBB UNHCR, beri pelatihan kepada para pengungsi Rohingya di Mina Raya, Pidie. Acara tersebut dilangsungkan 15-18 Oktober 2023.

Project Office YKMI Aceh, Fachrurrazi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/10/2023) mengatakan, dalam kegiatan pelatihan itu, pihaknya libatkan 20 orang pengungsi Rohingya dan 20 warga setempat.

Untuk kegiatan 15-18 Oktober 2023, pelatihan diberikan kepada pengungsi perempuan, yakni berupa ketrampilan menjahit. Sementara, bagi pengungsi lak—laki, kegiatannya telah dilangsungkan pada 25-27 September 2023 lalu, yakni berupa pelatihan ketrampilan barbershop atau memangkas.

Dia menambahkan, kegiatan pelatihan yang didukung oleh UNHCR itu, dimaksudkan untuk beri bekal ketrampilan bagi para pengungsi dan juga warta setempat. Harapannya, nantinya, baik pengungsi maupun warga lokal yang telah miliki skil itu, dapat memulai usaha, ataupun bisa bekerja.

Nuri, salah satu peserta pelatihan menjahit yang diselenggarakan YKMI dan UNCH tersebut,  mengaku bahagia dan Senang atas ketrampilan yang Ia dapat. “Alhamdulillah ,kegiatan ini dapat menambahkan pengetahuan dan ketrampilan bagi saya,” katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan pengungsi Rohingya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada YKMI dan UNCHR atas kegiatan pelatihan yang diselenggarakan tersebut.

Ia berharap, ilmu dan bekal pengetahuan yang telah didapatkannya itu, dapat digunakan nantinya, baik untuk membantu kawan-kawan di kamp yang ingin mencukur rambut, maupun nanti saat dia berada.

Editor : Hendro Saky

Shares: