Yunus Nusi yakin Erick Thohir punya kualitas jadi ketum PSSI

POPULARITAS.COM – Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menilai Menteri BUMN Erick Thohir mempunyai kualitas untuk menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

“Apa yang saya lihat dari Pak Erick adalah dia akan mampu memberikan yg terbaik untuk sepak bola Indonesia,” ujar Yunus di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Menurut pria kelahiran Gorontalo itu, Erick memiliki banyak pengalaman di dunia lapangan hijau.

Selain itu, Yunus menganggap Erick sangat menaruh perhatian kepada sepak bola.

“Saya mengetahui persis beliau. Pak Erick juga mendapat dukungan dari sebagian besar ‘voter’ (untuk menjadi Ketua Umum PSSI-red),” tutur dia.

Erick Thohir adalah salah satu dari lima bakal calon ketua umum PSSI periode 2023-2027 selain Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti, Arif Wicaksono, Doni Setiabudi dan Fary Djemy Francis.

Adapun Erick Thohir, meski belum pernah aktif di PSSI, memiliki jejak di kancah persepakbolaan internasional. Pria yang juga berprofesi sebagai pengusaha itu pernah memiliki salah satu klub terbesar di Eropa, Inter Milan.

Dirinya juga sempat mempunyai saham mayoritas di klub Liga Amerika Serikat, MLS, DC United.

Di Indonesia, Erick sebagai bos Mahaka Sports pernah menggelar Piala Presiden pada tahun 2015 untuk mengisi kekosongan kompetisi karena PSSI disanksi oleh FIFA. Kemudian, dia memiliki saham di beberapa klub seperti Persib dan Persis.

Sementara Yunus Nusi sendiri masuk dalam daftar bakal calon wakil ketua umum PSSI dan anggota Exco PSSI 2023-2027.

Setelah pengumpulan berkas pendaftaran untuk bersaing menjadi Exco PSSI ditutup pada Senin (16/1) pukul 18.00 WIB, Komite Pemilihan PSSI mengumumkan ada lima bakal calon ketua umum, 20 bakal calon wakil ketua umum dan 83 bakal calon anggota Exco PSSI 2023-2027.

Saat ini, Komite Pemilihan (KP) PSSI tengah melakukan verifikasi syarat administrasi para bakal calon.

Pada 19-21 Januari 2023, semua pendaftar dipersilakan melengkapi dokumen ke KP. Kemudian, pada 31 Januari 2023, KP akan mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI.

Selanjutnya, pada 1-3 Februari 2023, para bakal calon dan anggota PSSI pengusung yang dinyatakan tidak lolos menjadi calon sementara dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI.

Ketika proses tersebut tuntas, maka KBP akan mengumumkan daftar calon tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023. Para calon tetap inilah yang akan mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI pada 16 Februari 2023. (ant)

Comments
Loading...