News

4 Desa di Aceh Besar Terendam Banjir

Banjir. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak 4 desa di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Besar terendam banjir pada Jumat, 8 Mei 2020. Banjir mengenangi kawasan itu akibat hujan deras yang terjadi sejak kemarin siang.

Adapun 4 desa yang terendam banjir adalah Desa Lampasi Engking, Villa Buana dan Ajun Ayahda di Kecamatan Peukan Bada. Sementara satu desa lagi yakni Desa Garut di Kecamatan Darul Imarah.

Staf Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Haslinda Juwita menyebutkan, berdasarkan informasi tim di lapangan, kejadian banjir terjadi sekitar pukul 08.15 WIB tadi pagi.

“Untuk warga yang terdampak masih dalam pendataan petugas,” kata Haslinda dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat, 8 Mei 2020.

Ia menjelaskan, saat ini petugas BPBD Kabupaten Aceh Besar sedang melakukan pendataan dan evakuasi korban terdampak banjir. Kegiatan ini juga dibantu oleh Damkar, TNI, Polri, Muspika kecamatan dan masyarakat.

Selain banjir, kata Haslinda, pada hari yang sama juga terjadi angin kencang dan longsor di Gunung Kulu dan Paro, Kecamatan Lhoong. Peristiwa ini menyebabkan pohon tumbang dan lumpur menutupi badan jalan.

“Material pohon tumbang sudah dibersihkan dan jalan sudah kembali normal,” sebut Haslinda.

Hujan yang mengguyur wilayah Aceh sejak Kamis, 7 Mei 2020 kemarin menyebabkan sejumlah daerah mengalami banjir. Selain Aceh Besar, banjir juga merendam sejumlah desa di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Jaya.

“Jika darurat perlu evakuasi warga maka langsung menghubungi Basarnas dengan 0651 33876. Mereka standby 24 jam,” pungkasnya. []

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: