News

60 petinju bertarung di Bireuen

60 petinju bertarung di Bireuen
Dua peserta sedang bertanding di arena GOR Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Senin (24/10/2022) malam. Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Sebanyak 60 peserta dari seluruh Aceh ikut memeriahkan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju Amatir se Aceh yang berlangsung di Bireuen, 24-29 Oktober 2022.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki pada Senin (24/10/2022) malam, di GOR Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

Kejurda tinju amatir tingkat Yunior dan Youth seluruh Aceh diikuti puluhan petinju baik dari cilik dan juga petinju putri.

Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki dalam sambutannya berharap Kejurda Tinju Amatir se Aceh ini melahirkan atlet terbaik di daerah ujung barat Sumatra itu.

“Kita berharap dengan diadakannya event ini akan lahir kesatria baru di atas ring dan nantinya akan ikut serta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh dan Sumutera Utara,” kata Achmad Marzuki.

Ia juga menyampaikan, kegiatan serupa juga akan digelar di Banda Aceh dan beberapa tempat lainnya sehingga akan melahirkan atlet-atlet terbaik untuk mewakili Aceh dalam berbagai tingkatan.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR Aceh, Purnama Setia Budi mengatakan kejuaraan tinju amatir dengan mempertandingkan 23 Kabupaten/Kota diadakan dengan dua kelas yang berbeda, yakni kelas bulu ringan dan berat.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berharap, kejurda tinju ini dapat melahirkan bibit atlet Aceh yang nantinya berkiprah di tingkat nasional, sehingga bisa menoreh prestasi.

Di sisi lain, Purnama juga menyebutkan kegiatan itu bertujuan untuk membangkitkan kembali cabang olahraga tinju yang hampir hilang.

“Kegiatan ini kita lakukan juga untuk membangkitkan kembali cabang olahraga tinju yang sudah hampir sepuluh tahun tidak digelar lagi di Bireuen khususnya selain kegiatan PORA dan PraPORA,” katanya.

Menurut dia, para pemenang selain akan mendapat uang pembinaan dan tropi, juga bakal mendapat sertifikat.

Dalam acara pembukaan tersebut, turut hadir di antaranya Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan dan unsur Forkopimda setempat.

Shares: