Aceh raih Bhumandala Awards 2022

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh, Jumat (25/11/2022) terima Penghargaan Bhumandala Nawasena 2022. Acara yang dilangsungkan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) itu, diselenggarakan di Hotel Borobodur, Jakarta.

Penghargaan Bhumandala Nawasena bagi Aceh itu, diterima langsung oleh Pj Gubernur Achmad Marzuki. Saat menerima anugerah itu, turut didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf, serta Kepala UPTD Statistik Sayid Azhary.

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki dalam kesempatan usai menerima penghargaan itu mengatakan, anugerah yang diterima daerah ujung barat Sumatra itu, tak terlepas dari kerja keras UPTD Statistik Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Aceh.

Upaya dan kerja keras UPTD Statistik Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Aceh itu, telah buahkan hasil optimal, yakni untuk pertama kali daerah kita raih penghargaan Bhumandala Awards.

Pj Gubernur Aceh berharap, torehan prestasi itu, UPTD Statistik terus tingkatkan semangat kerja, dan terus melakukan inovasi pelayanan data kepada masyarakat.

“Saat ini Provinsi Aceh masih berusaha memaksimalkan pengelolaan dan pemanfaatan informasi geospasial dengan cakupan dana yang masih terbatas,” kata dia.

Dia berharap integrasi data kedepan akan semakin berkembang lebih jauh di provinsi Aceh. Bhumandala Award, kata dia, sejatinya penghargaan atas ikhtiar yang selama ini Pemerintah Aceh melalui UPTD Statistik Diskominsa Aceh, khususnya seksi Geospasial kerjakan untuk memastikan informasi data terintegrasi dengan baik dan berbasis peta.

Sementara itu, Kepala UPTD Statistik Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Aceh, Sayid Azhary menjelaskan, Penghargaan Bhumandala 2022-Inovasi Pemanfaatan lnformasi Geospasial dilaksanakan oleh BIG dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil mengembangkan dan menerapkan inovasi pemanfaatan Informasi geospasial.

Sayid Azhary ST, MSi, Kepala UPTD Statistik Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Aceh

Adapun penilaian kinerja simpul jaringan dilakukan dengan melihat pembangunan lima elemen Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG), yaitu kebijakan, kelembagaan, teknologi, standar, dan sumber daya manusia.

Penghargaan ini adalah sebagai implementasi Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). Penghargaan ini diperoleh Pemerintah Aceh karena keberhasilannya mengembangkan simpul jaringan untuk mewujudkan tersedianya informasi geospasial yang handal, mutakhir, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses sesuai kewalidataannya.

Dari hasil seleksi, ada sepuluh daerah yang terpilih menerima Penghargaan Bhumandala 2021. Yakni Papua, Aceh, Lampung, Kota Pare-Pare, Kota Mojokerto, Kota Padangpanjang, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Berau dan Kabupaten Tabalong.

Comments
Loading...