NewsSosial dan Budaya

ADC latih 20 sineas Aceh

ADC latih 20 sineas Aceh
Para sineas Aceh saat mengikuti pelatihan Basic Training pembuatan film dokumenter. Acara itu diselenggarakan oleh Aceh Documentary Competition 5-9 Agustus 2023 di Aula Cabdin Dinas Pendidikan. FOTO : ADC

POPULARITAS.COM – Aceh Documentary Competition (ADC), gelar pelatihan terhadap 20 sineas di daerah provinsi ujung barat Sumatra tersebut. Kegiatan itu dilangsungkan 5-9 Agustus 2023 di Aula Cabang Dinas Pendidikan Aceh.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/8/2023), Ketua Departemen Pendidikan ADC, Azhari mengatakan, para sineas diberikan materi pelatihan basic training tentang film dokumenter.

Seluruh peserta yang dilatih pihaknya berasal dari berbagai kabupaten dan kota di Aceh. Selanjutnya dalam kegiatan pelatihan itu para peserta digabung dalam 10 ide cerita film.

baca juga :Aceh Documentary raih Anugerah Kebudayaan Indonesia 2022

Pada materi basic training, peserta diajarkan tentang riset ide cerita, dan diharapkan usai mengikuti pelatihan dapat kembali ke kampung halaman masing-masing guna menggali gagasan film yang lebih baik.

Kepada para peserta pelatihan, Azhari juga menekankan bahwa, medium film dokumentar harus mampu merekam dan pelihatkan aspek yang tak muncul di permukaan. 

Nah, jika hanya ingin menampilkan sebatas informasi belaka, tidak perlu repot buat film dokument, cukup gunakan medium tulisan atau lainnya, kata Azhari yang juga merupakan film maker Aceh itu.

Sementara itu, programmer Film Akbar Rafsanjani menambahkan, ADC merupakan ajang pencarian bakat calon sineas dari kalangan Umum. ADC program edukasi, produksi dan kompetisi film dokumenter untuk teman-teman Muda 

Akbar menambahkan, tahun ini Aceh Documentary menerima puluhan  proposal ide cerita dari mahasiswa,guru sampai dosen dari berbagai daerah di Aceh.

Editor : Hendro Saky

Shares: