News

Angin puting beliung terjang Pidie, sejumlah rumah alami kerusakan

Angin puting beliung menerjang rumah warga Gampong Baroh, Kecamatan Grong-Grong, Pidie. Foto direkam, Senin (30/1/2023). Foto: Nurzahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Angin puting beliung yang menerjang Kecamatan Grong-grong, Kabupaten Pidie pada Minggu (29/1/2023) malam, mengakibatkan sejumlah rumah dan balai pengajian di kawasan itu mengalami kerusakan.

Amatan popularitas.com, Senin (30/1/2023), sejumlah rumah dan balai pengajian yang mengalami kerusakan terletak di Gampong Baroh, Kecamatan Grong-grong, Pidie. Cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah itu juga menyebabkan banjir, hingga merendam pemukiman warga.

M Rizal salah seorang warga Gampong Baroh, Kecamatan Grong-Grong, Pidie menjelaskan, angin puting beliung tersebut terjadi tiba-tiba dan langsung memporak-porandakan atap-atap rumah masyarakat setempat.

M Rizal yang saat kejadian sedang berada di salah satu warung kopi di desa setempat ikut menyaksikan bagaimana atap rumah di kawasan itu beterbangan setelah diterjang angin kencang.

“Tiba-tiba terdengar gemuruh angin puting beliung. Dalam seketika atap rumah di depan kami kami langsung terangkat akibat diterjang angin kencang,” kata M Rizal kepada popularitas.com, di lokasi kejadian, Senin (30/1/2023).

Selain puluhan atap rumah warga yang rusak, pepohonan di desa tersebut tumbang diterjang angin puting beliung di malam hari itu.

“Ada satu balai majelis taklim pemuda bahkan terangkat dan rusak,” ujarnya.

Bahkan longsor ikut memperparah bencana alam yang melanda Desa Baro itu. Dua unit mobil, Toyota Avanza dan Grandlivina yang terparkir ringsek tertimpa material longsor.

Amatan popularitas.com, sejumlah warga terlihat sibuk membersihkan material longsor di badan jalan. Serta memperbaiki atap rumah yang terhempas akibat angin kencang itu.

Di lokasi balai pengajian, seorang bocah berusia sekitar 9 tahun yang sudah basah kuyup duduk termenung di depan kitap-kitap milik dayah Raudhatu Syaba basah usai balai tersebut roboh diterjang angin.

Shares: