News

Tanah longsor putuskan jalan di Sabang

Tanah longsor putuskan jalan di Sabang
24 tiang listrik di Sabang rusak akibat longsor
Wisatawan melihat badan jalan yang terputus akibat longsor di jalan kilometer nol, Iboih, Sabang, Aceh, Senin (30/1/2023). Cuaca ekstrem hujan deras yang disertai angin kencang pada 29 Januari 2023 sore, mengakibatkan belasan titik longsor yang memutus akses jalan menuju lokasi wisata Iboih dan puluhan rumah penduduk rusak akibat tertimbun material. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nym.

POPULARITAS.COM – Tanah longsor di Kota Sabang menyebabkan putusnya akses ke beberapa lokasi wisata di pulau paling barat Indonesia itu pada Senin (30/1/2023). Bencana ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat sejak beberapa hari terakhir.

Kalak BPBD Sabang melalui Kabid Kedaruratan, Budiman menyebutkan, beberapa titik yang terkena dampak longsor yaitu sepanjang jalan Ujong Murung menuju Gapang, kawasan KM 0, kawasan Gampong Krueng Raya dan beberapa titik lainnya.

“Jalanan Paya Seunarah, jalanan Ujong Sikundo dan tanjakan Sitinjau Alam juga mengalami longsor,” kata Budiman saat dikonfirmasi, Senin (30/1/2023).

Selain itu, lanjut Budiman longsor juga menimpa dua rumah warga di Gampong Kuta Bawah Timur, Kecamatan Sukarya, Sabang.

“Rumah itu masing-masing milik Rusmani Yusuf (73) dan Muhammad Rezeki (32). Keduanya rusak parah,” ujarnya.

Namun, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, sementara pemilik rumah terpaksa diungsikan.

“Saat ini kita bekerja sama dengan pihak Polri dan TNI untuk melakukan evakuasi dan pembersihan material tanah longsor tersebut,” ujarnya.

Shares: