HukumNews

Angka kecelakaan di wilkum Polresta Banda Aceh meningkat pada 2023

Truk bermuatan puluhan penumpang terjun ke jurang di Aceh Besar, empat orang meninggal
Kondisi dumtruk usai kecelakaan di kawasan Lamreh, Aceh Besar, Selasa (25/4/2023). Foto: BPBD Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Banda Aceh dan sebagian Aceh Besar yang masuk wilayah hukum (wilkum) Polresta Banda Aceh meningkat pada tahun 2023 ini dibandingkan dengan tahun 2022 lalu.

Tercatat, pada tahun 2022 jumlah kecelakaan yang terjadi sebanyak 590 kejadian dengan jumlah korban meninggal 37 orang, luka berat satu orang dan luka ringan 763 orang.

Sementara di tahun 2023 ini, kecelakaan yang terjadi sebanyak 677 kasus dengan jumlah korban meninggal 41 orang, luka berat dua orang dan luka ringan 957 orang.

“Ini menjadi peningkatan pada kasus laka lantas sebesar 14.75 persen,” ujar Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli, Jumat (29/12/2023).

Fahmi juga membeberkan, korban kecelakaan terbanyak merupakan dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Selain itu, jumlah pelanggar lalu lintas yang ditilang mengalami penurunan hingga 10 persen. Artinya, kesadaran masyarakat dalam pentingnya menjaga aturan lalu lintas meningkat.

“Kita imbau seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan raya, patuhi aturan dan rambu lalu lintas yang ada,” katanya.

“Hal ini tidak lain adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat berakibat fatal,” pungkas mantan Kabid Propam Polda Aceh tersebut.

Shares: