NewsPolitik

Anies sebut pengelolaan dana otsus Aceh belum optimal

Anies Baswedan saat memberi keterangan kepada wartawan usai kampanye di Banda Aceh, Sabtu (27/1/2024). Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Anies Baswedan menilai dana otonomi khusus (otsus) di Aceh belum dikelola secara optimal, sehingga tidak berdampak besar bagi masyarakat di daerah ujung barat Sumatra itu.

“Saya lihat dalam kenyataannya dana otsus itu belum optimal pemanfaatannya, jadi bila itu dibutuhkan kita akan melakukan perpanjangan,” kata Anies Baswedan kepada wartawan usai kampanye di Banda Aceh, Sabtu (27/1/2024).

Dia menyebutkan, dengan kekayaan alam yang luar biasa dan kucuran dana otsus yang besar, Aceh justru termasuk salah satu provinsi dengan angka kemiskinan yang paling tinggi di Sumatera.

Anies prihatin dengan kondisi tersebut, sehingga perpanjangan otsus menjadi salah satu opsi jika dirinya terpilih sebagai presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Anies menginginkan agar pengelolaan dana otsus nantinya diberikan pos-pos yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan yang senyatanya diacak. Sehingga dana itu teroptimalkan pemanfaatannya.

“Jika dana otsus diperpanjang, nanti akan ada pengalokasian yang lebih diatur supaya benar-benar terasa dampaknya,” jelas Anies.

Kampanye Anies Baswesan di Banda Aceh dihadiri ribuan masyarakat dan simpatisan. Mereka tampak antusias menyaksikan orasi politik yang disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies sendiri mengapresiasi antusiasme yang diperlihatkan oleh masyarakat di Tanah Rencong. Menurutnya, ini menandakan semangat masyarakat Aceh menyambut pesan-pesan perubahan.

“Kami sampaikan tadi bahwa rakyat Indonesia hari ini merasakan beban biaya hidup yang meningkat, lapangan pekerjaan yang sulit. Kami berencana mengkoreksi itu semua,” pungkasnya.

Shares: