NewsTeknologi

Aplikasi CCTV untuk Pantau Jalanan Indonesia via Ponsel

CCTV jalan bisa diakses via ponsel. (Foto: ANTARA)

POPULARITAS.COM – Penggunaan aplikasi CCTV beberapa tahun belakangan ini mulai menjadi pesaing aplikasi peta yang ada di Android dan iOS, terutama di musim mudik lebaran untuk mengetahui jalur mana yang paling nyaman untuk dilalui dan jalur mana yang harus dihindari.

Terlebih lagi, aplikasi CCTV smartphone ini telah terkoneksi dengan ratusan kamera CCTV di berbagai kota besar di Indonesia.

Kelebihan dari aplikasi CCTV ini tidak hanya bisa mengetahui kondisi jalan apakah sedang macet, melainkan juga dapat melihat apakah di jalan yang akan dilalui sedang ada kecelakaan, jalan basah, pohon tumbang dan lainnya.

Berikut daftar CCTV jalanan yang bisa diakses melalui smartphone Android maupun iOS:

  1. IP Webcam

IP Webcam merupakan salah satu Aplikasi CCTV Live View terbaik yang berfungsi untuk merekam segala aktifitas di sekitarnya. Aplikasi CCTV canggih besutan Pavel Khlebovich ini mampu merekam gerak-gerik orang hingga suara sekalipun.

IP Webcam mengubah ponsel Anda menjadi kamera jaringan dengan beberapa pilihan tampilan. Lihat kamera Anda pada platform dengan VLC player atau web browser. Streaming video dalam jaringan WiFi tanpa akses internet.

Opsional Ivideon penyiaran awan didukung untuk akses global instan.Dua arah audio yang didukung di tinyCam Monitor pada perangkat android lain.

Gunakan IP Webcam dengan software MJPG pihak ketiga, termasuk software video surveillance, monitor keamanan dan sebagian besar pemain audio.

  1. IP Cam Viewer Basic

IP camera adalah adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet.

  1. Live Camera Viewer

Aplikasi CCTV dari Live Camera Viewer for IP Cams memungkinkan Anda mencari live feed lebih dari 11 ribu kamera di seluruh dunia. Kamera ini menyertakan kamera jalan dan kamera keamanan rumah yang diinstal pengguna dan dapat dikontrol daring (selama tidak dilindungi).

Untuk mengakses kamera, anda hanya perlu menelusuri daftar. Daftar diatur berdasarkan jumlah like yang diberikan pengguna lain.

Anda dapat menemukan kamera keamanan di seluruh dunia, dari satu sudut dunia ke sudut lainnya. Jika Anda ingin menemukan negara atau kota spesifik, cukup telusuri bilah pencari untuk mengaplikasikan beberapa filter seperti kualitas gambar atau kategori lain.

Setelah menemukan kamera yang dicari, Aplikasi CCTV ini menunjukkan umpan langsung dan tanpa interupsi.  Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan Aplikasi CCTV ini adalah tidak ada kolaps dalam penyiaran sehingga Anda akan menerima gambar yang sedang terjadi pada saat itu tanpa penundaan.

Live Camera Viewer for IP Cams juga memungkinkan Anda menyaksikan apa yang terjadi di rumah sendiri, selama kamera Anda dipublikasikan.

Walaupun tampilan kamera tidak dapat diperbesar, Anda dapat memperbesar gambar secara manual, mengambil foto, atau melihat daftar yang baru dilihat. Jika itu belum cukup, Aplikasi CCTV ini juga memberi informasi cuaca dan lalu lintas.

  1. IVMS-4500

Aplikasi CCTV IVMS-4500 (Android) perangkat lunak klien mobile, yang dirancang untuk ponsel atas dasar Android OS (Versi 4.0 atau lebih tinggi), dapat digunakan untuk jarak jauh memantau video langsung dari tertanam DVR, NVR, kamera jaringan, kubah kecepatan jaringan dan encoder melalui jaringan nirkabel, memutar file rekaman, lokal toko dan mengelola gambar dan video, pengendalian output alarm dan menyadari kontrol PTZ juga.

Dengan software ini dipasang di ponsel Anda, Anda dapat login ke perangkat front-end melalui Wi-Fi atau 3G; selain itu, jika tidak ada IP publik yang tersedia untuk perangkat, itu dapat diakses dengan menggunakan nama domain yang dinamis, atau dengan port pemetaan ke IP publik router.

Sumber: CNN

Shares: