NewsOlahraga

Atlet judo aceh raih medali emas kejuaraan internasional di Jakarta

Atlet judo aceh raih medali emas kejuaraan internasional di Jakarta
Adelia Dwi Nugraha, atlet judo asal Aceh berhasil meraih medali emas pada Kejuaraan Internasional Jakarta Open 2023 yang berlangsung 17-19 November 2023 di Jakarta. FOTO : Koni Aceh

POPULARITAS.COM – Atlet judo asal Aceh, Adelia Dwi Nugraha, berhasil raih emas pada kejuaraan internasional yang berlangsung di Jakarta. Acara yang dilangsungkan 17-19 November tersebut, di gelar di Hall Kelapa Gading dan diikuti oleh atlet internasional dari 10 negara.

Sepuluh negara yang berpartisipasi pada Jakarta International Open tersebut adalah, China, Perancis, Jepang, Lituania, Malaysia, Singapore, Thailand, Rusia, Uzbekistan, dan Indonesia sebagai tuan rumah. 

Selain itu, 10 provinsi juga ikut berpartisipasi pada kejuaraan tersebut, yaitu DKI Jakarta, Aceh, Bali, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Jawa Tengah.

Ketua Pelatih Tim Judo Aceh, Budi Mulyadi, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/11/2023) mengatakan, dari lima atlet yang diikutsertakan dalam kejuaraan tersebut, Adelia Dwi Nugraha berhasil persembahkan medali emas.

Adelia Dwi Nugraha yang turun di kelas 52 kilogram senior putri tersebut, berhasil mengungguli pesaingnya pada laga semifinal melawan atlet Singapura dan kalahkan atlet Lampung saat final. “Satu emas sesuai dengan target yang kita tetapkan,” tandasnya.

Para atlet merupakan binaan Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Aceh dan KONI Aceh, yang tengah dipersiapkan untuk menghadapi PON XXI tahun 2024 Aceh-Sumut.

Selain itu, Budi juga melaporkan, sepanjang tahun 2023, para atlet telah berhasil mengantongi 11 medali, yaitu satu emas, enam perak dan empat perunggu.

Medali-medali tersebut hasil bersaing berbagai kejuaraan, mulai dari Kejurwil Palembang pada Juni, Kejurnas Kasad Cup XIV Jakarta di bulan Oktober, dan yang terakhir pada Kejuaraan Jakarta Internasional Open di bulan November.

Dari keseluruhan ajang yang diikuti, Budi menilai performa atle terus mengalami peningkatan. “Hasil yang telah dicapai akan terus kita evaluasi dan monitoring, agar tahun depan prestasi atlet terus meningkat, khususnya pada saat PON 2024,” kata Budi.

Ia menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pangdam Iskandar Muda dan KONI Aceh yang selama ini telah mendukung langsung persiapa atlet, baik saat latihan, maupun dukungan-dukungan lainnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: