InsfrastrukturNews

Bandara IKN ditargetkan rampung tahun depan

Bandara IKN ditargetkan rampung tahun depan
Tangkapan layar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking pembangunan Bandara IKN di kawasan IKN, Kalimantan Timur, seperti disaksikan dalam video dari Jakarta, Rabu (1/11/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

POPULARITAS.COM – Bandar Udara di Ibukota Negara (IKN), ditargetkan pembangunannya tuntas pada Desember 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo saat peresmian peletakan batu pertama (ground-breaking) bandara tersebut di kawasan IKN, Rabu (1/11/2023).

Menurut presiden, target selesai pembangunan pada Juni 2024, namun untuk bisa digunakan penuh operasionalnya Desember 2024 mendatang.

“Hari ini saya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Bandara IKN,” kata Presiden.

Ditambahkan oleh Jokowi, kehadiran Bandara IKN sangat penting seiring dengan padatnya kegiatan dan mobilitas orang, begitu juga barang dari dan menuju IKN.

Ia mengatakan Bandara IKN dibangun khusus untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN.

Dengan total luas 347 hektare dan “runway” sepanjang 3.000 x 45 meter, Bandara IKN dapat melayani pesawat berbadan lebar (wide body).

Kepala Negara juga menyebutkan Bandara IKN dilengkapi terminal seluas 7.530 meter persegi, sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik.

“Bandara ini akan membuat kawasan IKN makin terbuka, konektivitas makin baik dan juga makin mudah dijangkau dari mana pun,” kata Presiden.

Presiden Jokowi meyakini Bandara IKN dapat meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pengembangan potensi di daerah dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang dalam proses.

Editor : Hendro Saky

Shares: