News

Bangunan Mesjid Garot dalam kondisi terancam

Bangunan Mesjid Garot dalam kondisi terancam
Kondisi halaman belakang Mesjid Garot, Pidie, Sabtu (4/2/2023). Foto: Nurzahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Bangunan Mesjid Garot, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, dalam kondisi terancam setelah halaman belakang tempat ibadah umat Islam itu mengalami keretakan.

Bahkan, halaman belakang masjid tersebut terancam amblas ke dasar sungai akibat pengikisan yang terjadi saat bencana alam banjir beberapa waktu lalu.

Keretakan struktur tanah halaman belakang Mesjid Kemukiman Garot yang berlokasi tidak jauh dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Baro Raya itu terjadi akibat tergerusan banjir gelombang kedua yang melanda wilayah setempat, pada 30 Januari 2023.

“Beberapa meter halaman belakang mesjid amblas akibat tergerus arus sungai paska banjir yang terjadi pada beberapa hari lalu, kami khawatirkan bangunan mesjid juga akan ikut amblas,” kata Panitia Mesjid Garot, Ruslan, Sabtu (4/1/2023).

Dikatakan, jika keretakan struktur tanah masjid itu tak segera ditangani, ditakutkan halaman belakang tempat ibadah warga Kemukian Garot akan amblas ke dasar sungai.

“Saat ini masyarakat was-was dengan kondisi bangunan masjid, karena jika tidak segera ditangani maka bangunan masjid akan amblas,” katanya.

Diketahui, di awal tahun 2023, Kabupaten Pidie, dua kali diterjang bencana alam banjir. Gelombang pertama terjadi pada Sabtu 21 Januari 2023 pagi hari.

Satu pekan kemudian, bencana alam luapan air sungai kembali merendam wilayah itu pada sejak Minggu (29/1/2023) malam hari.

Shares: