News

BMKG kantongi data hasil seismograf suara misterius di Jawa Timur

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan, Suwarto saat datang ke Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Jawa Timur guna meneliti suara dentuman dari dalam bumi, Senin (14/8/2023). (ANTARA/ Slamet Hidayat)

POPULARITAS.COM – Tim dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pasuruan mengantongi data hasil seismograf (time digital seismograph) di lokasi fenomena alam berupa suara dan getaran misterius dari dalam tanah di Desa Moncek Tengah, Sumenep, Jawa Timur.

“Kami sudah dapatkan data dari seismograf dan masih diunduh. Ini tentu butuh analisa dan waktu untuk dikaji lebih komprehensif,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan, Suwarto dikutip dari laman Antara, Senin (14/8/2023).

Pada Sabtu (12/8) pagi, fenomena alam berupa suara dan getaran dari dalam tanah di Dusun Tengah RT 07/RW 02 Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng.

Fenomena alam tersebut, sebagaimana rilis dari Polres Sumenep, terdengar dan terasa di lima rumah warga setempat dengan durasi waktu selama 45 menit sejak pukul 09.45 WIB hingga 10.30 WIB.

BMKG Sumenep langsung berkoordinasi dengan tim geofisika BMKG dan selanjutnya personel dari BMKG Pasuruan turun ke lokasi guna observasi pada Minggu (13/8).

Mereka lalu memasang seismograf di lokasi fenomena alam berupa suara dan getaran dari dalam tanah itu untuk pengambilan data.

“Kami mohon waktu untuk menganalisa dan mengolah data dari seismograf. Mohon waktu agar hasilnya komprehensif. Kami juga berharap warga tetap tenang. Masih aman,” kata Suwarto, menerangkan.

Ia menjelaskan, sejak seismograf dipasang pada Minggu (13/8) sore hingga Senin siang, di lokasi tidak terdengar lagi suara dan getaran dari dalam tanah sebagaimana yang terjadi pada Sabtu (12/8) pagi.

Hingga Senin siang, di lokasi munculnya suara dan getaran dari dalam tanah di Desa Moncek Tengah itu masih dipenuhi warga yang ingin melihat fenomena alam tersebut.

Selain anggota Polsek dan Koramil Lenteng, sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep juga terlihat siaga di lokasi.

Shares: