News

BMKG minta masyarakat waspadai gelombang tinggi di perairan Aceh

Gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Aceh
Ilustrasi gelombang tinggi. Foto Elshinta

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultan Iskandar Muda (SIM) di Blang Bintang, Aceh Besar, memberikan peringatan kepada masyarakat Aceh terkait potensi gelombang tinggi yang dapat mencapai 1.25 – 2.50 meter.

Potensi ini diprediksi berpeluang terjadi hingga dua hari mendatang di perairan utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, dan sekitarnya.

“Waspada potensi tinggi gelombang mencapai 1.25 – 2.50 meter berpeluang terjadi di perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, dan sekitarnya. Peringatan ini berlaku mulai 5 Januari – 7 Januari 2024,” ujar Prakirawan BMKG SIM, Faqih Musyaffa, Sabtu (6/1/2024)

Meskipun tinggi gelombang masih dikategorikan sebagai sedang, BMKG menekankan pentingnya kewaspadaan, terutama bagi masyarakat pesisir dan para nelayan yang beraktivitas di perairan tersebut.

Kata dia, kondisi cuaca yang tidak menentu dan tinggi gelombang yang dapat berubah secara tiba-tiba dapat membahayakan keselamatan mereka.

BMKG mengimbau agar masyarakat Aceh, khususnya yang tinggal di daerah pesisir, untuk selalu memantau perkembangan informasi cuaca dan tinggi gelombang melalui sumber resmi BMKG.

“Langkah preventif dan kesigapan diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan atau kerugian yang mungkin timbul akibat kondisi cuaca ekstrem ini,” katanya.

Shares: