News

Budi Waseso Sebut Pemerintah Masih Punya Utang Rp4 T ke Bulog

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso pada peluncuran Kopi Jenderal di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Rabu. (Antara)

POPULARITAS.COM – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan bahwa pemerintah masih memiliki utang sebesar Rp4 triliun kepada Bulog.

“Sampai saat ini utang negara kepada Bulog itu hampir Rp4 triliun, namun bunganya komersil” tutur pria yang akrab disapa Buwas dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi IV DPR RI, Senin (31/8/2021).

Utang ini terkait penugasan impor dalam rangka penanggulangan bencana alam, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hingga Cadangan Stabilitas Harga Pangan (CSHP) komoditas gula.

Selain itu, Buwas mengaku pemerintah belum membayar utang sebesar Rp173 miliar. Utang ini merupakan disposal beras tahun lalu yang ada sebanyak 20 ribu ton.

Ia menambahkan Bulog juga turut merawat beras yang dibeli, namun tidak terpakai. Ini mengakibatkan harga beras turun, namun perawatannya mahal.

“Beras yang kita beli sudah menahun, perawatannya mahal karena itu dirawat dengan biaya yang tinggi, sedangkan kualitasnya turun, kita tidak mungkin menjual di harga mahal” jelasnya.

Sumber: CNN

Shares: