News

Bungkam Italia 2-1, Spanyol bertemu Kroasia di laga final

Selebrasi Joselu setelah mencetak gol kemenangan Spanyol dalam pertandingan semifinal Nations League lawan Italia di De Grolsch Veste, Enschede, Belanda pada 16 Juni 2023. ANTARA/REUTERS/WOLFGANG RATTAY

POPULARITAS.COM – Timnas Spanyol melaju ke partai final UEFA Nations League setelah mengalahkan Italia dengan skor 2-1 di De Grolsch Vesce, Twente, Belanda pada Jumat (16/6/2023) dini hari WIB.

Spanyol mampu unggul cepat berkat gol Yeremy Pino. Italia sempat menyamakan skor lewat eksekusi penalti Ciro Immobile sebelum Spanyol memastikan kemenangan berkat gol Joselu di akhir babak kedua.

Berkat hasil ini, Spanyol pun berhak lolos ke partai final untuk menghadapi Kroasia. Sementara itu, Italia harus menjalani partai perebutan tempat ketiga melawan Belanda.

Spanyol sudah berhasil membuka skor berkat gol Pino saat laga baru berjalan tiga menit. Memanfaatkan kecerobohan para pemain Italia, Pino dengan cepat mencuri bola dan menaklukkan Gianluigi Donnarumma. Skor menjadi 1-0.

Tujuh menit kemudian, Italia memperoleh hadiah penalti usai Robin Le Normand melakukan handball di kotak terlarang. Immobile yang bertindak sebagai algojo pun sukses menaklukkan Unai Simon dan membuat kedudukan menjadi 1-1.

Menit ke-21, Italia sempat mencetak gol lewat aksi Davide Frattesi. Sayang, gol ini harus dianulir karena sang pemain sudah lebih dahulu berdiri dalam posisi offside.

Spanyol menciptakan sejumlah peluang emas di sisa babak pertama. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga laga memasuki jeda turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Spanyol nyaris kembali memimpin pada menit ke-48. Peluang Mikel Merino masih bisa dimentahkan Gianluigi Donnarumma, dan bola rebound gagal dimaksimalkan oleh Alvaro Morata.

Italia hampir mencetak gol pada menit ke-65. Sebuah serangan yang dibangun rapi oleh Federico Dimarco coba dituntaskan oleh Frattesi. Sayang, tembakannya masih bisa dibendung Unai Simon.

Spanyol berhasil kembali memimpin pada menit ke-88 berkat gol pemain pengganti Joselu. Tembakan Rodri mengenai pemain Italia dan kemudian dibelokkan oleh Joselu yang berdiri bebas.

Italia gagal mengejar ketinggalan di sisa waktu. Skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol pun menjadi hasil akhir dari pertandingan ini. (ant)

Susunan pemain
Spanyol (4-2-3-1): Unai Simon; Jesus Navas, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Rodri, Mikel Merino (Fabian Ruiz 74′); Rodrigo Moreno (Marco Asensio 46′), Gavi (Sergio Canales 68′), Yeremy Pino (Ansu Fati 74′); Alvaro Morata (Joselu 84′)

Italia (3-5-2): Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci (Matteo Darmian 46′), Francesco Acerbi; Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Jorginho (Bryan Cristante 61′), Davide Frattesi (Marco Verratti 76′), Leonardo Spinazzola (Federico Dimarco 46′); Nicolo Zaniolo, Ciro Immobile (Federico Chiesa 60′)

Shares: