News

Cangguk Demam Trumon, katak raksasa di Anjungan Aceh Selatan

Cangguk Demam Trumon, katak raksasa di Anjungan Aceh Selatan

POPULARITAS.COM – Sepasang katak raksasa yang memiliki nama Cangguk Demam Trumon menjadi daya tarik pengunjung di anjungan Aceh Selatan pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Sulthanah Safiatuddin.

Pengunjung yang datang tak hanya masyarakat lokal Aceh, namun juga dari luar daerah dan mancanegara, hanya untuk menyaksi hewan langka tersebut yang ditaruh dalam akuarium.

Penjaga anjungan Aceh Selatan, Musnadi, mengatakan Cangguk Demam Trumon ditemukan oleh warga di hutan Leuser kawasan Trumon. Katak itu memiliki panjang 20-25 centimeter serta berat 3 kilogram.

Dia mengatakan Cangguk Demam Trumon hanya akan bergerak tiap 12 jam sekali.

“Saat ditemukan memang langsung sepasang, tapi kita belum bisa bedain yang mana jantan sama betina,” kata Musnadi, Rabu (8/11/2023).

Dia menjelaskan katak tersebut diberi nama Cangguk Demam Trumon lantaran suara yang dikeluarkan memiliki kemiripan seperti suara orang demam. Musnadi menerangkan katak itu hanya memakan serangga kecil, semisal jangkrik.

Ia menyebut katak raksasa ini merupakan temuan pertama kali di Indonesia, setelah sebelumnya pernah ditemukan di Afrika.

Seorang pengunjung, Fata, mengaku takjub melihat Cangguk Demam Trumon yang dipamerkan di anjungan Aceh Selatan.

“Ini baru pertama kali melihat hewan katak sebesar itu. Seringnya kita lihat kan kecil-kecil,” ungkapnya.

Shares: