KesehatanNews

COVID-19 Berpengaruh Terhadap Jumlah Pendonor Darah di Banda Aceh

Jelang Ramadhan, Karang Taruna dan PMI Aceh Tamiang Donor Darah. (ist)

POPULARITAS.Com- COVID-19 Sejak COVID-19 Mewabah di Indonesia, tak terkecuali Aceh, jumlah pendonor darah di Banda Aceh jauh berkurang dari hari-hari sebelumnya.  Covid -19 ikut berpengaruh terhadap jumlah pendonor sehingga pihak PMI Kota Banda Aceh terus melakukan trobosan dan berinovasi menggait masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya, salah satunya dengan menghubungi langsung pendonor rutin guna membantu kebutuhan darah di organisasi tersebut. Kata Dewi salah satu petugas PMI Kota Banda Aceh.

Tak hanya itu, pihaknya juga menggelar sejumlah kegiatan termasuk bekerja sama dengan instansi pemerintah dan juga swasta melalui mobil unit transfusi darah guna memenuhi kebutuhan darah di Banda Aceh.

Setiap harinya Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Banda Aceh membutuhkan sekitar 150 – 200 kantong darah setiap harinya guna memenuhi kebutuhan pasien.

“Darah yang terkumpul di PMI cabang Banda Aceh kita distribusikan untuk pasien yang membutuhakan darah yang sedang dirawat di rumah sakit di Banda Aceh dan sekitarnya,” kata Dewi,

Dan ia juga mengajak masyarakat untuk terus bertranfusi darah, selain donor darah baik untuk kesehatan juga dapat membantu orang lain yang membutuhkan Jelas Petugas PMI tersebut.

Shares: