News

Delapan Kecamatan di Pidie Jaya terendam banjir

Sedikit delapan kecamatan di Kabupaten Pidie terendam banjir. Intenstias hujan yang tinggi, membuat sejumlah sungai meluap, dan menggenangi permukiman warga.
81.329 warga Aceh terdampak banjir
Warga saat melintas di jalan yang tertutup air. Banjir terjadi di Pidie akibat luapan sungai yang terjadi di daerah itu. FOTO : BPBD Pidie

POPULARITAS.COM – Sedikit delapan kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya terendam banjir. Intenstias hujan yang tinggi, membuat sejumlah sungai meluap, dan menggenangi permukiman warga.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPB) Kabupaten Pidie JayaFakrurazi kepada popularitas.com, Sabtu (21/1/2023). “Iya, banjir lumayan parah nih. Banyak desa tergenang air,” terangnya.

Dari data sementara yang dikumpulkan pihaknya, terdapat 20 desa di 8  kecamatan di daerah ini yang terendam banjir. Curah hujan yang tinggi sejak Jumat (20/1/2023) dan terus berlangsung hingga Sabtu (21/1/2023), Jadi salah satu penyebab meningkatnya debit dan volume air sungai. 

“Nah, dampaknya air meluap hingga ke permukiman warga,” terangnya.

Dia melanjutkan, banjir yang terjadi di Pidie awal tahun 2023 ini relatif sangat parah. Untuk itu, pihaknya telah berkodinasi dengan instansi lain untuk intesifkan bantuan darurat, dan kemungkinan opsi evakuasi warga jika dibutuhkan.

Pihaknya juga minta masyarakat untuk tetap waspada dari berbagai kemungkinan semakin meningkatnya volume air. Apalagi nanti malam terjadi pasang purnama, demikian Fakrurazi.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: