NewsTeknologi

Dini Valdiani ingatkan warga Aceh bijak bermedia sosial

Dosen Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Dini Valdiani. Foto: Instagram/@dinivaldiani

POPULARITAS.COM – Dosen Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Dini Valdiani mengingatkan warga Aceh, terutama Aceh Singkil tentang pentingnya bijak bermedia sosial.

“Kita harus bijak dalam menggunakannya agar tidak menimbulkan dampak negatif,” kata Dini saat menjadi pemateri dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator Literasi dengan tema “Kecakapan Digital: Tranformasi Digital dan Implementasinya”.

Kegiatan yang diikuti ratusan peserta itu berlangsung secara offline dan online, Jumat (10/2/2023) sore. Secara offline, kegiatan berlangsung di Gedung Seni Budaya Aceh Singkil.

Dalam kesempatan, Dini menyoroti hasil survey baru-baru ini yang menyebut netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara. Menurutnya, hasil ini memang seperti benar adanya, mengingat banyaknya warga yang belum bijak menggunakan sosial di era sekarang ini.

Sebagai Key Opinion Leader (KOL), Dini pun menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus dipastikan saat menggunakan media sosial. Pertama, harus memastikan bahwa informasi yang dibagikan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Jadi tidak ada salahnya untuk memverifikasi informasi sebelum membagikannya kepada orang lain,” kata dia.

Kedua, Dini mengingatkan pentingnya berhati-hati dalam memilih konten yang dibagikan. Pastikan bahwa konten yang akan dibagikan tidak mengandung unsur-unsur yang merugikan orang lain atau memprovokasi.

Ketiga, Dini mengingatkan agar media sosial tidak digunakan untuk membully, menghina, atau menghakimi orang lain. Dengan bijak bermedia sosial, katanya, maka kita dapat memanfaatkan teknologi untuk kebaikan bersama.

“Kita dapat membantu menyebarluaskan informasi yang benar dan membangun budaya yang positif di dunia maya,” ujar Dini.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Teuku Riefky Harsya (TRH) saat membuka kegiatan menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Kemkominfo, khususnya Dirjen APTIKA, yang secara konsisten menghadirkan program program inspiratif utamanya dalam rangka mengisi pembangunan nasional dan mencerdaskan anak bangsa.

Menurut Sekjend Partai Demokrat itu, kegiatan webinar tersebut sangatlah penting bagi negerasi penerus bangsa. TRH terus berharap agar kerjasama dan kolaborasi antar Kemkominfo dan DPR-RI kiranya dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Kami di komisi I terus mendorong Kemkominfo untuk fokus mengembangkan program peningkatan pemahaman dan wawasan anak bangsa, khususnya terkait peningkatan skil dan kemampuan digital,” ujarnya.

Shares: