News

Dinkes Pijay Imbau Warga Kurangi Aktivitas Luar

MEUREUDU (popularitas.com) – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya mengimbau warganya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah terkait kabut asap kiriman kebakaran hutan dan lahan di sejumlah provinsi di Sumatra.

Dalam surat bernomor 441.5/2469/Dinkes&KB.PJ/IX/2019, tertanggal 23 September 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya juga menyerukan agar warga menggunakan masker jikapun harus beraktivitas di luar rumah.

“Kalau paparan kabut asap terjadi secara terus menerus, ini akan bahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya, Munawar Ibrahim saat dikonfirmasi, Selasa, 24 September 2019.

Dia menyebutkan hingga saat ini belum diketahui sampai kapan paparan kabut asap yang mencemari udara di Kabupaten Pidie Jaya akan berakhir.

“Jika yang terpapar orang yang terganggu pernafasan, itu akan sangat bahaya. Dan jika berlangsung dalam jangka panjang orang normal juga berbahaya dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan,” kata mantan Kepala Bapedda Pidie Jaya itu.

Tak hanya imbauan, pihak Pemkab Pidie Jaya juga turut membagikan masker untuk pengguna jalan. Sementara untuk dua hari mendatang, pihaknya juga akan membagikan masker gratis kepada seluruh warga.* (C-005)

Shares: