Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Disbudpar Aceh latih pemilik homestay

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh latih para pemilik homestay. Upaya itu guna wujudkan kolaborasi dalam membangun desa wisata di provinsi ujung barat Sumatra itu. 
Disbudpar Aceh latih pemilik homestay
Kepala Disbudpar Aceh Almunizal Kamal, saat buka pelatihan Tata Kelola Homestay di Desa Lubok Sukon, Aceh Besar, Sabtu (26/11/2022).

POPULARITAS.COMDinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh latih para pemilik homestay. Upaya itu guna wujudkan kolaborasi dalam membangun desa wisata di provinsi ujung barat Sumatra itu. 

Hal itu disampaikan Kepala Disbudpar Aceh Almunizal Kamal saat buka kegiatan pelatihan Tata Kelola Homestay, di Desa Lubok Sukon, Aceh Besar, Sabtu (26/11/2022). Acara itu diikuti oleh empat gampong yang ada di Banda Aceh, yakni Lampulo, Punge Blangcut, Ulee Lheue, dan Lamjamee.

Dalam sambutannya Almunizal juga menerangkan, pihaknya berkomitmen untuk libatkan seluruh masyarakat dan potensi yang ada dalam menggerakan sektor kepariwisataan di Aceh. Karena itu, dibutuhkan sinergitas dan kolaboratif antar semua elemen yang ada guna membangun desa wisata di daerah ini.

Almuniza turut mengapresiasi keempat desa yang mengikuti pelatihan tata kelola homestay tersebut. Ke depan, keempat desa itu diharapkan mampu menjadi desa wisata dan menjadi contoh untuk lainnya.

“Masyarakat perkotaan saat ini haus akan suasana ketenangan, sehingga mereka mencari wisata alternatif untuk mencari suasana ketenangan seperti yang terdapat di perdesaan. Nah, teman-teman saya harap bisa mengambil momen itu, pastinya dengan tetap mengedepankan kearifan lokal di setiap masing-masing desa wisata,” pinta Almuniza.

Terakhir, Almuniza mengimbau kepada pelaku pariwisata di desa wisata untuk tidak mengubah ciri khasnya, terutama terhadap potensi keindahan desa.

“Kita harus menjaga keramahtamahan, pemulia jamee adat geutanyoe, komunikasi dengan lemah lembut serta melayani dengan maksimal kepada pengunjung karena itu adalah kekuatan kita (masyarakat Aceh),” pungkasnya. 

Sebagai informasi, kegiatan yang digagas oleh Bidang Pengembangan Destinasi Disbudpar Aceh ini akan berlangsung hingga 28 November mendatang.

Shares: