NewsPolitik

DPR minta pemerintah bangun infrastruktur TIK sampai ke pelosok

DPR minta pemerintah bangun infrastruktur TIK sampai ke pelosok
Teuku Riefky Harsya. (Foto: Republika)

POPULARITAS.COM – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Teuku Riefky Harsya (TRH) menjelaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu komponen yang sangat penting di era digitalisasi, sehingga dukungan dan akses terhadap pemanfaatan TIK secara maksimal membutuhkan infrastruktur yang memadai.

Hal itu disampaikan TRH saat membuka webinar dengan tema “Ketersedian Infrastruktur dan Ekosistem TIK Bagi Masyarakat di Daerah” yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kemkominfo) Direktorat Jenderal (Dirjen) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) bersama Komisi I DPR-RI secara daring dan luring di Aula Hotel Grand Aceh Syariah, Banda Aceh, Minggu (23/10/2022).

Menurutnya, ketersediaan infrastruktur TIK dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan dan pengembangan masyarakat. Saat ini masyarakat menjadikan internet of think sebagai kebutuhan utama dalam beraktivitas di kehidupan sehari-harinya.

Kehadiran teknologi digital diharapkan dapat membawa kehidupan yang lebih praktis, dan mempermudah proses. Di mana nantinya mampu berkontribusi nyata dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Salah satu contoh nyata adalah peningkatan sektor perdagangan di mana kita melihat transformasi dari konvensional commerce, menjadi elektronik commerce, atau yang lebih kita kenal e-commerce hadir di berbagai sektor kehidupan kita sehari-hari,” ujar TRH.

Ia menyebutkan akselerisasi ekonomi digital mengalami peningkatan yang sangat pesat. Pada tahun 2021 yang lalu, nilai ekonomi digital Indonesia tercatat hingga 70 miliar USD dan ini merupakan yang tertinggi di ASEAN.

“Jumlah tersebut diperkirakan akan mampu tumbuh 5 kali lipat pada 2030 nanti, dengan nilai mencapai 330 miliar USD. Angka tersebut tentu masih dapat ditingkatkan, apabila jangkauan infrastruktur TIK mampu ditingkat lebih baik lagi sehingga semua daerah di Indonesia nantinya memiliki infrastruktur yang memadai untuk pengelolaan TIK,” terangnya.

Karena itu, Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat itu mengatakan, ketersediaan infrastruktur TIK yang memadai di semua daerah menjadi sangat penting.

Di samping itu, TRH juga mengimbau agar peningkatan infrastruktur TIK ini juga diikuti dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), utamanya dalam hal meningkatkan literasi digital masyarakat, sehingga nanti terwujud masyarakat digital dengan infrastruktur yang benar-benar memadai.

“Kami di Komisi I DPR-RI terus mendorong Kemkominfo untuk fokus meningkatkan akselerasi pembangunan infrastruktur TIK sampai ke pelosok negeri,” tuturnya.

Meskipun demikian, pihaknya juga terus mendorong agar program-program peningkatan pemahaman dan wawasan anak bangsa utamanya dalam pemanfaat TIK juga tidak boleh dilupakan.

“Karena persaingan kedepan tidak mudah, makanya kita harus mampu menciptakan SDM bangsa yang handal, cakap dan adaptif terhadap perkembangan zaman,” pungkas Wakil Ketua Komisi I DPR-RI.

Shares: