News

Dua dosen dari Aceh bicara tentang kesehatan mental remaja di Denmark

Dua dosen dari Aceh bicara tentang kesehatan mental remaja di Denmark. Foto: USK

POPULARITAS.COM – Dua dosen dari Aceh, yakni Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) menjadi invited speaker pada konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Danish Institute against Torture (DIGNITY), di Copenhagen, Denmark.

Co-Principal Investigator, Dr. Rina Suryani Oktari, S.Kep., M.Si memaparkan hasil awal dari Survei Safe Communities Safe Schools (SCSS) pada Senin (13/11/2023).

“Survei ini merupakan bagian dari penelitian kolaboratif antara FK USK, University of Colorado dan University of Copenhagen. Riset ini juga melibatkan DIGNITY dan Universitas Indonesia, melalui pendanaan Foundation Botnar Swiss,” ungkap Rina dalam keterangannya, Jumat (17/11/2023).

Penelitian yang dimulai sejak Oktober 2019 hingga 2025 ini mengambil tema: addressing the wellbeing and security needs of urban children and adolescents in Indonesia in the digital era.

Selain itu, dr. Nurjannah, MPH., Ph.D, Sp.KKLP, Postdoc Researcher di DIGNITY, juga mempresentasikan bagian dari penelitian ini dengan judul presentasi: Children in Conflict with the Law and Child Victims in Indonesia.

Pembukaan konferensi dihadiri oleh CEO DIGNITY, Rasmus Gru Christiansen, Duta Besar Indonesia untuk Denmark, Dewi Savitri Wahab, dan Shr-Jie Sharlenna Wang, MPH, PhD dari DIGNITY.

Dekan FK USK, Prof. Dr. dr. Maimun Syukri, Sp.PD-KGH, turut serta dalam acara tersebut, menyerahkan cinderamata kepada CEO DIGNITY dan Duta Besar Indonesia untuk Denmark.

“FK USK terus berkontribusi untuk kesehatan dunia. Penelitian akademisi USK terus mewarnai dunia, yang Insya Allah bermanfaat bagi peradaban manusia,” tutur Prof Maimun.

Para pembicara lainnya, seperti Freia de Bock dari Heinrich-Heine-Universität Düsseldorf, Germany, serta para ahli lainnya dari Denmark, Amerika, dan Indonesia, juga turut berbagi wawasan pada konferensi prestisius ini.

Shares: