News

Dua rumah dewan guru MUQ Pidie Jaya kuras APBK setengah miliar

Proyek pembangunan rumah dewan guru MUQ Pidie Jaya. Foto: Nurjahri/popularitas

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya menganggarkan Rp 500 juta untuk pembangunan dua unit rumah dewan guru Madrasah Ulumul Quran (MUQ) di kabupaten itu.

Kendati APBK Pidie Jaya sumber DOKA 2023 yang terkuras capai setengah miliar banyaknya, namun ironisnya rumah yang dibangun hanya berukuran sekira 6,2 X 7,5 meter.

Pekerjaan konstruksi berjudul “Pembangunan Rumah Dewan Guru Muq Pidie Jaya” sumber Dana Alokasi Khusus Aceh (DOKA) 2023 Dipa Dinas Pendidikan Dayah Pidie Jaya itu dikerjakan oleh CV. Lisa Leguna yang beralamat Jl. Perdagangan No.41 Kota Sigli, Pidie dengan nilai kontrak 472.351.159.

Dengan nilai kontrak sebesar Rp 472 juta itu, artinya duit negara yang digelontokan untuk setiap unit rumah dewan guru MUQ proyek Dinas Pendidikan Dayah itu mencapai Rp 236 juta.

Dari berbagai informasi hasil penelusuran popularitas.com, pembangunan satu unit rumah layak huni saja anggarannya hanya Rp 100 juta.

Amatan popularitas.com, rumah berkonstruksi dua kamar masing-masing berukuran sekira 3X3 meter yang mengapit satu kamar mandi. Kemudian ruang tamu dan ruang makan masing-masing 3X3 meter yang dilakukan pemisah dengan batu bata dan teras.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Pidie Jaya Agussalim yang bertindak sebagai Pengguna Anggaran (PA) mengatakan, rumah dewan guru yang dibangun tahun 2023 itu bertipe 50.

Kata Agus, item-item pekerjaannya meliputi dua unit kamar, ruang tamu dan ruang makan, serta dilengkapi keramik lantai dan plafon.

“Itu rumah type 50. Bangunannya lengkap, keramik dan plavon,” kata Kadis Pendidikan Dayah Pidie Jaya, Agussalim, Selasa (2/8/2023).

Shares: