News

Fettucini rempah Aceh, perpaduan kuliner kekinian dan tradisional

Pengunjung mencoba olahan kuliner Fettucini ala bumbu Aceh di arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA-8) Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Jumat (10/11/2023). Foto: MC PKA

POPULARITAS.COM – Mahasiswa dari Fakultas Perhotelan Universitas Muhammadyah (Unmuha) Aceh melakukan atraksi demo kuliner Fettucini menggunakan bumbu dan rempah Aceh.

Makanan Italia ala Aceh tersebut dipamerkan kepada pengunjung di stan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA-8).

Pettucini pada dasarnya merupakan makanan yang berasal dari Italia. Namun para mahasiswa di stan Universitas Muhammadyah (Unmuha) itu berhasil mengolahnya dengan menggunakan konsep bumbu Aceh, sehingga rasanya sangat cocok dengan lidah masyarakat tanah rencong.

“Kita memberi nama Fettucini ala bumbu Aceh,” kata Riska, petugas stan Unmuha di arena PKA-8 Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Jumat (10/11/2023).

Kuliner Fettucini berbentuk mie berukuran besar. Kuliner satu ini hampir mirip dengan Mie Caluek yang merupakan makanan favorit masyarakat di wilayah Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya.

Namun yang menjadi pembeda Fettucini ala mahasiswa Unmuha itu adalah pada rasanya. “Kalau Fettucini yang asli menggunakan bumbu yang sangat khas dengan orang Eropa. Tapi kita mengubah bumbunya dengan menggunakan rempah dari Aceh, sehingga rasanya menjadi khas,” jelasnya.

Adapun sejumlah bumbu Aceh yang digunakan seperti merica, jahe, bawang, cabai, bubuk pala, dan sejumlah bahan lainya. Cara mengolahnya pun juga cukup mudah.

Masukan Fettucini dan ditambahkan potongan daging dan udang. Kemudian tumiskan bawang dan bumbu yang sudah dihaluskan.

Riska, salah seorang mahasiswa mengatakan, olahan Fettucini ini merupakan inovasi yang dilakukan para mahasiswa Unmuha yang dengan kolaborasi antara makanan modern dan tradisional.

“Jadi meskipun ini kuliner kekinian, tapi kita ingin memadukan ciri khas Aceh dengan bumbu rempahnya, sesuai dengan tema PKA,” bebernya.

Selain memamerkan olahan kuliner, Unmuha juga menggelar sejumlah kegiatan lainya di stan PKA-8 seperti pemeriksaan kesehatan, pasar saham galeri investasi syariah, demo produk wirausaha, pembuatan minuman probiotik dan sejumlah kegiatan lainnya.

Shares: