NewsPolitik

Ganjar Pranowo : Gibran berpeluang jadi cawapres PDI Perjuangan

Ganjar Pranowo : Gibran berpeluang jadi cawapres PDI Perjuangan
Ganjar Pranowo saat memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Kristen Maranatha Bandung, Jawa Barat, Senin (11/10/2023).

POPULARITAS.COMGanjar Pranowo mengungkapkan, sosok Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, berpeluang masuk dalam bursa cawapres yang akan diusung oleh PDI Perjuangan.

Hal tersebut disampaikan bakal capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/10/2023) dikutip dari beritasatu.com– jaringan popularitas.com.

“Iya, bisa saja Mas Gibran jadi wakil, semua masih berpeluang,” katanya.

Menurut mantan Gubernur Jawa Tengah itu, kemungkinan semua masih bisa terjadi. Sebab, setiap orang punya kans dan kesempatan yang sama, tambahnya.

Peluang Gibran maju sebagai cawapres di Pilpres 2024 terbuka setelah MK mengabulkan sebagian permohonan uji materi mengenai usia capres dan cawapres yang diatur dalam UU Pemilu. Dalam putusannya, MK menyatakan batas usia minimal capres-cawapres 40 tahun atau sedang/pernah memegang jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah.

Selain menjadi cawapres Ganjar, saat ini menguat isu Gibran menjadi cawapres Prabowo. Mengenai hal ini, Ganjar menyatakan, duet Prabowo-Gibran sah-sah saja karena setiap warga negara yang memenuhi syarat menjadi capres-cawapres sebagaimana diatur UU Pemilu, mempunyai hak yang sama.

“Ya, warga negara punya hak untuk ikut dalam proses demokrasi,” katanya.

Diketahui, MK mengabulkan sebagian permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terkait batas usia capres dan cawapres. MK menetapkan batas usia minimal capres-cawapres 40 tahun atau sedang/pernah memegang jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah.

Editor : Hendro Saky

Shares: