NewsSepakbola

Gavin Kwan absen hingga 16 pekan akibat cedera

Bek Persis Solo, Gavin Kwan Adsit. Foto: Liga Indonesia

POPULARITAS.COM – Kompetisi BRI Liga 1 2023/24 baru saja memasuki pekan pertama, Persis Solo dipastikan harus kehilangan bek Gavin Kwan Adsit untuk waktu yang cukup panjang. Gavin Kwan harus absen akibat cedera yang menghantamnya di laga pertama kasta tertinggi akhir pekan lalu.

Cedera pemain berposisi bek kanan ini didapat saat Persis bertemu Persebaya Surabaya di Stadion Manahan. Saat itu laga berjalan menit ke-30, Gavin dilanggar keras Bruno Moreira. Saat terjatuh, Gavin tampak kesakitan dan memegangi paha kirinya.

Gavin akhirnya tak dapat melanjutkan pertandingan dan posisinya digantikan oleh Arapenta Poerba. Dokter tim Persis, Iwan Wahyu Utomo menjelaskan, sesuai hasil MRI, Gavin divonis mengalami partial tear adductor longus muscle femur sinistra sisi kiri.

“Kondisi Gavin cukup baik. Saat ini sudah tidak sakit, sudah bisa berjalan. Tapi memang tidak bisa latihan. Butuh waktu sekitar 12 hingga 16 minggu baru bisa kembali,” kata Iwan Wahyu Utomo, dikutip dari situs Liga 1, Rabu (5/7/2023).

Dia menjelaskan, cedera ini terkena pada ototnya. Tepatnya di paha ada otot panjang ke bawah ke lutut. “Yang kena itu otot pangkal paha. Itu over stretch. Jadi tegang terlalu lama, akhirnya sobek,” tambah Iwan.

Soal pemulihan, dia menjelaskan ibarat luka harus menunggu hingga kering. Nantinya diinjeksi di bagian tersebut agar cepat kering. “Kalau sudah kering prosesnya mengulang lagi dari awal. Prosesnya penguatan lagi, fisik lagi, endurance lagi. Nanti baru bisa dikembalikan ke tim,” ucapnya lagi.

Ini berarti Gavin Kwan bakal absen di pertandingan-pertandingan putaran pertama Persis. Dengan demikian, tentu ini cukup mempengaruhi kedalaman skuat Persis khususnya di lini belakang.

Pos bek kanan Persis saat ini tinggal menyisakan nama Eky Taufik. Eky sejak laga pra musim dimainkan di posisi yang ditinggalkan Abduh Lestaluhu yakni bek kiri.

Persis sendiri pada laga pekan pertamanya harus menelan kekalahan 2-3 dari Persebaya Surabaya. Dan pada laga pekan kedua, Laskar Sambernyawa akan diuji PSS di Stadion Maguwoharjo Sleman pada Jumat (7/7) nanti.

Shares: