News

Gempa 4,7 magnitudo getarkan Aceh Selatan

Gempa berkekuatan 5,2 SR gunang Kota Sabang
Ilustrasi - Seismograf bekerja mendeteksi getaran gempa. ANTARA/HO-Aspri

POPULARITAS.COM – Wilayah Aceh Selatan dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,7 magnitudo, Rabu (29/11/2023) sekira pukul 14.55 WIB.

Bahkan, gempa ini dapat dirasakan hingga ke wilayah Sinabang, Simeulue. Informasi BMKG menyebutkan, gempa berpusat di laut pada jarak 34 kilometer Barat Daya Sinabang di kedalaman 16 kilometer.

“Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar, Andi Azhar Rusdin, Rabu (29/11/2023).

Hingga pukul 15.11 WIB, BMKG belum memonitor adanya gempa bumi susulan. Masyarakat pun diminta agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak benar.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Shares: