HeadlineNews

Tangisan Lord Luhut di Pelantikan Kasad

Tangisan Lord Luhut di Pelantikan Kasad
Luhut terlihat menangis sambil memeluk putri sulungnya Paulina Pandjaitan yang juga istri Maruli, saat sesi bersalaman bersama Maruli dan keluarga, Rabu (29/11/2023). FOTO : beritasatu.com

POPULARITAS.COM – Luhut Binsar Panjaitan atau kerap disapa LBP oleh keleganya, tiba-tiba muncul di acara pelantikan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Rabu (29/11/2023) di Jakarta.

Kehadiran LBP sontak beri kejutan banyak pihak. Ya, Selama ini, tangan kanan Presiden RI Joko Widodo itu, berbilang bulan jalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura. Luhut seperti menghilang sesaat dari hingar bingar politik tanah air. 

Tidak ada penjelasan resmi mengenai penyakit yang diderita Luhut. Namun, terhitung sejak Oktober 2023, mantan Menkopolhukam RI itu jalani perawatan di Singapura.

Sosok jenderal yang ditakuti dan disegani itu, tak kuasa membendung air mata saat memeluk Jendral Maruli Simanjuntak dan istri usai dilantik sebagai Kasad oleh Presiden RI.

Ditengah sakit yang Ia derita, LBP menyempatkan diri hadiri pelantikan Maruli Simanjuntak.

Ya, Maruli Simanjuntak merupakan menantu Lord Luhut. Kasad yang baru dilantik Presiden Joko Widodo itu, menikahi Paulina Panjaitan yang merupakan putri sulung Luhut Binsar Panjaitan.

Menurut Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, mertuanya itu sengaja balik ke Indonesia untuk hadiri pelantikan dirinya sebagai Kasad. Direncanakan, Kamis (30/11/2023), LBP akan kembali ke Singapura untuk jalani perawatan lanjutan.

Maruli juga ungkapkan bahwa, tangis mertuanya saat memeluk dirinya dan Paulina Panjaitan, karna rasa haru dan bangga. 

“Dulu cita-cita Pak Luhut sejak kecil ingin jadi Kasad. Impiannya itu diwujudkan oleh dirinya sebagai menantu,” kata Maruli Simanjuntak, Rabu (29/11/2023) dikutip dari beritasatu.com– jaringan popularitas.com 

Luhut untuk pertama kalinya hadir di Istana, setelah pulang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Singapura sejak Oktober 2023 lalu.

Menko Marves itu dinyatakan harus beristirahat sejenak karena sakit. Maruli mengaku, baru memberitahu Luhut mengenai pelantikan pada Selasa (28/11/2023) kemarin sore.

“Jadi saya mendapat informasi kemarin sore, saya Whatsapp beliau (Luhut), saya sudah ditunjuk persiapan hari ini. Ya beliau antusias untuk mau hadir,” kata Maruli.

Maruli menambahkan, mertuanya itu akan kembali menjalani perawatan ke Singapura besok, Kamis (30/11/2023) sebelum melakukan acara keluarga malam ini.

“Ya mungkin kita acara di rumah malam, besok kembali lagi,” terang Maruli.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Maruli sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Maruli mengisi posisi yang ditinggal Jenderal TNI Agus Subiyanto yang naik jabatan menjadi Panglima TNI.

Maruli sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Sebelum dilantik sebagai Kasad, Maruli terlebih dahulu mengikuti prosesi kenaikan pangkat dari letnan jenderal (letjen) menjadi jenderal.

Penyematan pangkat bintang empat dilakukan Presiden Jokowi di hadapan Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Selain Luhut, hadir pula dalam pelantikan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menkopolhukam Mahfud MD, Mendagri Tito M Karnavian, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto.

Shares: