EkonomiNews

Harga Barang Kebutuhan Pokok Mulai Turun di Banda Aceh

Harga Barang Kebutuhan Pokok Mulai Turun di Banda Aceh
(ist)

POPULARITAS.COM – Setelah sempat naik pada Desember 2020, harga barang kebutuhan pokok khususnya hasil pertanian di Kota Banda Aceh secara perlahan berangsur menurun pada awal Januari 2021.

Kepala Seksi Persediaan Barang Pokok, Stabilisasi Harga dan Pengawasan Barang Bersubsidi Diskopukmdag Banda Aceh, Dara Karina mengatakan, pada akhir Desember 2020 beberapa barang kebutuhan pokok seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih sempat mengalami kenaikan.

“Namun berdasarkan harga yang dipantau Senin awal Januari harga tersebut mulai menurun,” kata Dara dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (8/1/2021).

Ia merincikan, pada akhir Desember 2020, harga cabai merah di pasaran antara kisaran 60-70 ribu/kg, sekarang sudah menurun menjadi 50-55 ribu/kg. Demikian juga dengan cabai rawit dari 55 – 60 ribu/kg menjadi 40-45 ribu/kg.

Sedangkan harga telur ayam, kata Dara, juga sempat naik harganya terutama menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, yakni mencapai Rp 50 per lempeng. Kini sudah turun menjadi Rp 47-48 ribu per lempeng.

Ia menjelaskan bahwa ada berbagai macam faktor yang membuat beberapa barang-barang kebutuhan pokok itu, salah satunya karena faktor cuaca dan transportasi.

“Selain itu karena kita sekarang musim maulid jadi permintaannya banyak tapi barang yang masuk ke Banda Aceh terbatas karena faktor cuaca dan transportasi (gagal panen,banjir) sehingga harga menjadi naik,” tutur Dara.

Hal yang sama juga disampaikan Andriansyah, pedagang di Pasar Al Mahira Lamdingin. Ia menyatakan harga barang pokok seperti cabai mulai stabil di awal Januari 2021.

“Di akhir-akhir tahun seperti cabai rawit dan cabai masak sudah naik tapi sekarang sudah mulai turun,” ungkap Andriansyah. []

Editor: Acal

Shares: