News

Harga Eceran Pupuk Bersubsidi di Pidie Jaya

Harga Eceran Pupuk Bersubsidi di Pidie Jaya
FOTO : ilustrasi

POPULARITAS.COM – Dua jenis pupuk bersubsidi telah diditribusikan ke sejumlah kios pengecer untuk disalurkan ke petani di Kabupaten Pidie Jaya.

Pupuk yang didistribusikan sejak 24-25 Januari 2021 itu, berupa Urea dan NPK Phonska, dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 112.000 jenis Urea dan Rp 115.000 untuk NPK Phonska.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Pidie Jaya, Rusdi menyebutkan, dua jenis pupuk yang sudah tersedia di kios-kios pengecer, dalam dua hari terakhir berjumlah 62 ton.

Yang tersebar di empat Kecamatan di daerah setempat, berupa Kecamatan Bandar Baru 21 Ton, Pante Raja, enam ton, Trienggadeng 10 ton, dan Bandar Dua 25 ton.

Untuk harga pupuk bersubsidi tersebut, Pemerintah juga telah menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“HET nya, harga Pemerintah, yang Urea, Rp 112 ribu, sedangkan Phonska Rp 115 ribu per saknya. Itu harga HET-nya” kata Rusdi, Selasa (26/1/2021).

Diakui olehnya, dalam dua jenis pupuk bersubsidi tersebut, satu jenis di antaranya berupa Urea yang harga eceran tertingginya mengalami kenaikan, dari HET sebelumnya.

“Ia memamg ada sedikit kenaikan, tapi yang harga naik hanya pupuk jenis urea, NPK tidak naik, kalau sebelumnya HET Urea Rp 90 ribu,” ujarnya.[]

Shares: