News

Hari Ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Dua Dibuka

ilustrasi. (Foto: Tirto)

JAKARTA (popularitas.com) – Setelah mengalami penundaan pada Senin kemarin, pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua akan dilakukan pada hari ini, Selasa, 21 April 2020. Para calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui laman www.prakerja.go.id.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan penundaan ini sejalan dengan mundurnya pengumuman seleksi peserta yang akan masuk pada gelombang pertama.

Dalam hal ini, Panji mengatakan kuota untuk pendaftar yang diterima pada gelombang kedua nantinya akan sama dengan gelombang pertama yaitu sebanyak 200.000 orang.

Terkait dengan program ini, sebetulnya efektivitas pelatihan dalam program kartu prakerja masih disanksikan oleh serikat pekerja.

Pasalnya, ditengah wabah Covid-19 pemerintah bersikukuh tetap menyelanggarakan pelatihan meski pelatihan tersebut belum dibutuhkan oleh para korban PHK dan pekerja yang dirumahkan akibat COVID-19.

Belum lagi harga yang dipatok oleh platform  mitra prakerja tersebut cukup mahal dibandingkan platform lain yang bahkan menyediakan secara gratis.

Menanggapi hal itu, dia mengatakan jenis pelatihan maupun harga yang ditetapkan sepenuhnya berada di tangan mitra penyelenggara pelatihan Kartu Pekerja.

“Ada ribuan jenis pelatihan disediakan oleh lebih dari 200 lembaga pelatihan melalui delapan mitra platform digital. Mereka bersaing untuk memberikan layanan dan produk dengan harga terbaik,” jelas Panji.

Menurut Panji, terlepas dari harga, peserta diberikan kebebasan memilih pelatihan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Sumber: Bisnis

Shares: