HeadlineNews

Hasil Rapid Test, 3 Warga Simeulue Positif Covid-19

Dosen Politeknik Lhokseumawe Reaktif Covid-19 Meninggal di Aceh Utara
Ilustrasi, Rapid test. (ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Tiga warga Kabupaten Simeulue yang baru pulang dari Magetan, Jawa Timur terindikasi positif Covid-19 lewat rapid test.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Simeulue, Ali Muhayatsyah mengatakan, tiga warganya itu berstatus orang tanpa gejala (OTG). Ia juga membenarkan bahwa ketiganya memiliki riwayat perjalanan yang baru saja pulang dari Jawa Timur.

Setibanya di Simeulue, ketiga orang itu langsung di bawa ke rumah sakit setempat, untuk dilakukan pemeriksaan dan uji rapid test. Sementara, tiga orang lainnya yang berstatus OTG dinyatakan negatif virus corona.

“Enam orang dalam pengawasan. Tiga orang positif rapid test dan 3 orang negatif,” ujar Ali dalam keterangannya, Sabtu (25/4/2020).

Namun, kata dia, hasil rapid test itu belum final. Karena, harus dilakukan uji swab di lab PCR Balitbangkes Aceh di Siron, Aceh Besar. Untuk mengetahui apakah orang tersebut positif atau negatif virus corona.

“Hasil rapid test belum final positif, perlu di lakukan uji test kembali,” katanya. Meski dinyatakan positif lewat rapid test, ketiga orang tersebut tidak dirujuk ke luar daerah, tetapi diisolasi di di RSUD setempat.

Mereka, kata Ali masih berstatus OTG sampai terdapat gejala, walaupun sudah positif rapid test. Sementara, keluarga mereka juga akan dikarantina selama 14 hari.[acl]

Reporter: Dani

Shares: