News

Imigrasi Aceh beri layanan Paspor Merdeka selama akhir pekan

Ilustrasi, paspor. Foto: ANTARA

POPULARITAS.COM – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Aceh memberikan layanan bertajuk Paspor Merdeka guna merespons permintaan kepengurusan paspor masyarakat yang meningkat.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Aceh Filianto Akbar mengatakan pelayanan Paspor Merdeka berlangsung selama libur akhir pekan.

“Pelayanan Paspor Merdeka ini untuk menyahuti animo masyarakat yang ingin mengurus dokumen keimigrasian. Kini, pengurusan paspor di Aceh meningkat setelah pandemi COVID-19 serta adanya penerbangan internasional,” kata dia, dikutip dari laman Antara, Sabtu (5/8/2023).

Dia menjelaskan pelayanan Paspor Merdeka digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kementerian Hukum dan HAM yang diperingati setiap 19 Agustus dan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

Filianto mengatakan dalam layanan Paspor Merdeka tersebut, petugas imigrasi tidak sekadar melayani pengurusan dokumen keimigrasian, tetapi juga mengedukasi dan menyosialisasikan terkait dengan kewaspadaan terhadap berbagai tindak pidana lintas negara.

“Seperti menyosialisasikan kewaspadaan terhadap pekerjaan migran Indonesia, di mana jangan tertipu dengan iming-iming gaji besar di luar negeri yang akhirnya menjadi korban perdagangan orang,” katanya.

Ia mengatakan pelayanan Paspor Merdeka diberikan serentak di enam Kantor Imigrasi yang tersebar di Aceh, yakni Langsa, Lhokseumawe, Takengon, Sabang, Banda Aceh, dan Meulaboh.

“Layanan Paspor Merdeka diberikan untuk 100 orang per hari untuk setiap Kantor Imigrasi. Kami mengajak masyarakat memanfaatkan pelayanan Paspor Merdeka untuk mendapatkan dokumen keimigrasian,” kata Filianto Akbar.

Shares: