NewsTeknologi

Inovasi Sinarberkat Distanbun raih penghargaan terbaik pertama dari Pemerintah Aceh

Inovasi Sinarberkat Distanbun raih penghargaan terbaik pertama dari Pemerintah Aceh
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Cut Huzaimah, saat menerima penghargaan terbaik I pada ajang Anugerah Inovasi Aceh 2023, Jumat (8/12/2023). FOTO : Distanbun Aceh

POPULARITAS.COM – Inovasi Sistem Informasi Pelayanan Benih Bersertifikat (Sinarberkat) yang dikembangkan UPTD BPSBTPHP Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, raih penghargaan terbaik pertama dari Pemerintah Aceh.

Penghargaan tersebut diberikan pada Anugerah Inovasi Aceh tahun 2023, yang berlangsung, Jumat (8/12/2023) di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Cut Huzaimah, menerima langsung penghargaan tersebut dari Pj Gubernur Achmad Marzuki yang diwakili oleh Asisten I Setda Aceh, Mawardi.

Dalam proses kurasi oleh panitia Anugerah Inovasi Aceh tahun 2023, Sinarberkat berhasil sisihkan 38 inovasi daerah lain yang dilakukan oleh instansi dalam lingkup Pemerintahan Aceh. “Alhamdulillah, inovasi Sinarberkat bisa raih juara I,” kata Cut Huzaimah.

Dia menerangkan, Sinarberkat merupakan inovasi yang dikembangkan pihaknya melalui UPTD BPSBSTPHP dibawah pimpinan Habiburrahman. Melalui sistem tersebut, pihaknya ingin wujudkan pengawasan peredaran benih bersertifikat melalui pendekatan QR Barcode, paparnya kemudian.

Proses untuk menjadi terbaik pertama tentu bukan hal mudah, sebab banyak instansi lainnya yang juga mengembangkan inovasi pelayanan. Nah, Sinarberkat yang diusung oleh Distanbun Aceh melewati tiga tahap seleksi, berupa administrasi, analisis kajian dan juga presentasi.

Tentu, kata Cut Huzaimah, hal terpenting dari kehadiran Sinarberkat bukan semata untuk dapat penghargaan. Namun, jauh lebih daripada itu, Distabun Aceh ini memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui inovasi dan kemudahan lainnya.

Harapan kita, pungkas Cut Huzaimah, kedepan akan banyak lahir ragam inovasi lainnya. Sebagai upaya permudah pelayanan kepada masyarakat petani dan muaranya tentu saja untuk perbaikan tata kelola sistem pertanian di Aceh.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: