News

Jelang Lebaran, Gampong Manyang Lancok Dapat BLT Dana Desa

Jelang Lebaran, Gampong Manyang Lancok Salurkan BLT

PIDIE JAYA (popularitas.com) – Sejumlah Desa di Kabupaten Pidie Jaya, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) akibat dampak pandemi COVID-19.

Nominal BLT-DD tersebut yang disalurkan untuk masyarakat sebesar Rp 600.000 per Kepala Keluarga (KK), perbulanya.

Seperti halnya di Gampong Manyang Lancok, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, yang menyalutkan BLT untuk 95 KK dari total 222 keluar di desa setempat, Kamis 21 Mei 2020.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah menjalankan intruksi pimpinan dengan menyalurkan BLT bersumber dana desa, sehingga masyarakat Gampong Manyang, selama COVID-19, terganggu pendapatannya bisa terbantu sedikit dengan BLT ini,” kata Keuchik Gampong Manyang Lancok, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, M Yusuf, Kamis 21 Mei 2020.

Penerima BLT DD tersebut jelasnya merupakan warga yang tidak tersentuh bantuan lainnya baik berupa Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan Kemensos melalui Pos, maupun via Bank BRI.

Juga bukan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang saban bulan rutin menerima paket sembako.

“Sebelum kita menyalurkan kita melakukan pendataan dulu masyarakat yang menerima bantuan, baik PKH maupun bantuan lainnya, sehingga tidak tumpah tindih. Ya walau agak telat sedikit, hari ini kita sudah menyerahkan langsung dua tahap sekaligus, senilai Rp 1.200.000, pertahap tetap Rp 600 ribu,” jelasnya.

Salah seorang masyarakat Gampong Manyang Lancok, Asmawati (40) merasa sangat bersyukur atas BLT tersebut. “Kita sangat bersyukur, apalagi tiga hari lagi lebaran Idul Fitri, kita yang selama corona ini tidak ada pemasukan jadi sangat terbantu dengan bantuan dana desa ini,” ungkapnya.

Diketahui, desa yang tercepat menyalurkan BLT DD tersebut merupakan Gampong Beurasan, Kecamatan Bandar Dua, pada Selasa 12 Mei 2020.

Proses penyerahan perdana tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Aiyub Abbas dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi.

Dihimpun populatitas.com, terhitung 12 hingga 21 Mei 2020, dari total 222 desa di Kabupaten Pidie Jaya, sekitar 165 gampong sudah menyalurkan BLT DD tersebut.[acl]

Reporter: Nurzahri

Shares: