News

Jet tempur Rusia kejar pesawat Amerika di Laut Hitam

Jet tempur Rusia kejar pesawat Amerika di Laut Hitam
Ilustrasi, jet tempur China Su-30 yang dilibatkan dalam latihan di sekitar Taiwan. (ANTARA/HO-China Milltary)

POPULARITAS.COM – Pesawat tempur milik Angkatan Udara Rusia, kejar pesawat nirawak (UAV) MQ-9A Reaper dari Amerika Serikat di atas perairan Laut Hitam.

Hal tersebut disampaikan Kementrian Pertahanan Rusia, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/8/2023).

Menurut Kementrian Pertahanan Rusia, radar pihaknya deteksi adanya pergerakan kenderaan udara nirawak mendekati Laut Hitam. Guna mencegah hal itu, Angakatan Udara langsung kerahkan Su-30 guna lakukan pencegahan.

“Awak tempur pesawat Rusia mengidentifikasi target di udara sebagai UAV pengintai MQ-9A Reaper milik Angkatan Udara AS,” katanya.

Setelah pendekatan pesawat Rusia, UAV tersebut dilaporkan mundur dari perbatasan.

“Jet tempur Rusia kembali ke pangkalan dengan aman, tidak membiarkan adanya pelanggaran perbatasan negara Federasi Rusia. Penerbangan pesawat Rusia dilakukan sesuai aturan internasional yang mengatur penggunaan perairan netral di wilayah udara,” lanjutnya.

Pada 14 Maret, Komando Eropa AS (EUCOM) mengumumkan bahwa dua pesawat Su-27 Rusia mengganggu UAV MQ-9 AS di atas Laut Hitam, dan MQ-9 tersebut jatuh ke perairan internasional.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan UAV MQ-9 AS melanggar area terlarang sementara yang diberitahukan kepada semua pengguna wilayah udara karena “operasi militer khusus” Ukraina, yang sesuai dengan standar internasional.

Editor : Hendro Saky

Shares: